UNTUK INDONESIA
Rajin Olahraga Susah Tidur Bukan Insomnia, Ini Cara Mengatasinya
Bagi Anda yang rajin berolahraga atau nge-gym hingga memiliki perut six pack tetapi sulit untuk tidur ini cara mengatasinya.
Ilustrasi pria dan wanita memiliki perut six pack latihan kebugaran untuk menjaga kesehatan. (Foto: shutterstock)

Jakarta - Pelatih kebugaran selebriti di India, Vrinda Mehta, mengatakan bahwa kebugaran holistik adalah kunci dari orang-orang yang memiliki tubuh bugar tetapi susah untuk tidur ketika malam tiba.

Bagi Anda yang rajin berolahraga atau nge-gym hingga memiliki perut six pack tetapi sulit terlelap ketika istirahat di malam hari, cara ini bisa menjadi solusi. Mehta menuturkan, kebugaran holistik seperti berlatih untuk mendapatkan kesehatan jasmani, yaitu dengan menjalani pola makan yang sehat dan latihan fisik secara teratur.

"Bersamaan dengan itu, lakukan latihan untuk mendapatkan kebugaran jiwa yang mencakup pola makan untuk mental. Sehingga pikiran menjadi sehat dan emosi menjadi positif," kata Mehta kepada Indianexpress, Kamis, 22 Oktober 2020.

Bersama dengan racun fisik, kita juga perlu membuang racun mental [kejiwaan].

Six PackIlustrasi pria dan wanita memiliki perut six pack latihan kebugaran utnuk menjaga kesehatan. (Foto: goodfon)

Menurutnya, kebugaran holistik dilakukan agar sehat secara jasmani, juga sehat secara mental. Bila menjaga kesehatan jasmani bisa dengan berolahraga teratur atau datang rutin ke gym berlatih fisik.

Sedangkan menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan berpikir positif dan percaya diri, membangun relasi bersama orang lain, istirahat cukup sebelum malam tiba, dan sering melakukan evaluasi diri

"[Semua] ketika dipraktikkan secara teratur membantu kita menjadi bugar secara mental. Bersama dengan racun fisik, kita juga perlu membuang racun mental [kejiwaan], yaitu stres berlebihan dari pikiran, dan emosi yang beracun," tuturnya.

Bagi yang melakukannya, Mehta menyarankan agar tidak melupakan menjalani latihan pernapasan yang baik untuk kesehatan mental.

Baca juga:

Six packIlustrasi pria dan wanita memiliki perut six pack latihan kebugaran untuk menjaga kesehatan. (Foto: shutterstock)

Menurutnya, tujuan utama menjaga kebugaran adalah memperoleh kesehatan. Namun, hal itu dapat diraih jika latihan atau olahraga menyentuh sistem kesehatan manusia secara menyeluruh. Sebab itu pikiran harus dijaga seperti halnya tubuh.

"Hanya dengan begitu kita bisa benar-benar bugar. Apa gunanya memiliki perut six pack, atau melakukan lari maraton jika Anda tidak bisa tidur nyenyak di malam hari, dan terus-menerus mengalami gangguan mental seperti stres ?" ujar Mehta.

Mehta mengatakan, banyak orang sehat setelah latihan kebugaran atau berolahraga, tetapi mengabaikan kesehatan "pikiran" atau "batin"-nya. Mereka yang menjalani olahraga dengan rutin atau latihan kebugaran berkala di gym dapat dengan mudah sehat secara fisik, tetapi tidak dengan jiwanya karena pikiran yang berkecambuk.

"Pikiran kita adalah kemampuan yang paling kuat, dan kita semua perlu tahu bagaimana menggunakannya secara efektif, dan mengistirahatkannya," tutur Vrinda Mehta. 

Berita terkait
Intip 7 Menu Sarapan Sehat Binaraga, Pondasi Kuat Jalani Hari
Intip menu kaya akan nutrisi seperti asupan para binaraga untuk pondasi menjalankan aktivitas selama seharian.
Olahraga saat Pandemi Bisa Nyeri Sekujur Badan, Kok Bisa?
Olahraga menjadi gaya hidup sehat yang makin diminati masyarakat di tengah pandemi virus corona.
Merasakan Makanan Seperti Ini? Bisa Jadi Anda Positif Corona
Mereka yang menduga terinfeksi virus corona bisa mengujinya dengan mengetes indera pengecap saat merasakan makanan.
0
Sempat Kejar-kejaran, Warga Hajar Pencuri Helm di Sleman
Sempat diwarnai kejar-kejaran saat menangkap pencuri helm di Sleman, Yogyakarta. Setelah tertangkap dihajar ramai-ramai oleh warga.