Manfaat Air Ludah Sembuhkan Luka Basah, Mitos Atau Fakta?

Mengoleskan luka basah dengan air ludah atau air liur telah turun temurun diwariskan generasi lampau.
Ilusrasi air ludah, air liur. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Terjerembab jatuh kemudian timbul luka gores di lutut anak. Sontak orangtua menghampiri lantas cekatan mengoleskan ludah atau air liurnya ke lokasi luka sang anak yang masih basah. Pernah mengalami atau melihat kejadian seperti itu?

Air liur itu punya kandungan antimikroba.

Cara tradisional itu memang telah turun temurun diwariskan generasi lampau. Ketika itu, kemungkinan obat antiseptik untuk luka belum mudah ditemukan seperti saat ini.

Orami.co.id. dalam laporannya menyebutkan, ludah atau air liur memang lazim dioleskan kepada anggota tubuh yang terkena luka lecet. Head of Medical Affairs Mundipharma Indonesia dr. Dedy Kartawidjaja menuturkan, air liur merupakan obat alami paling mudah didapatkan saat mengalami luka gores masih basah.

"Air liur itu punya kandungan antimikroba. Air liur sendiri sejatinya merupakan mekanisme pertahanan tubuh di area mulut," kata dr Dedy.

Air ludah, air liur 1Ilustrasi air ludah, air liur. (Foto: Istimewa)

Dalam kandungan ludah atau air liur manusia terdapat protein antimikroba bernama histatin. Keterlibatan Histatin dalam aktivitas antimikroba menjadikan histatin bagian dari sistem imun bawaan.

Baca juga:

Selain dapat mempercepat penyembuhan luka gores atau lecet, histatin juga berfungsi sebagai anti-jamur.

Penelitian yang tercantum dalam jurnal kesehatan The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), juga menyebutkan ludah atau air liur manusia dipercaya dapat membunuh bakteri dan mempercepat penyembuhan luka.

Dalam perkembangannya, Xin Hua melaporkan, khasiat histatin yang telah terbukti kemungkinan besar akan diproduksi secara massal. Nanti bentuknya akan berupa alkohol gosok atau krim antibiotik.

Dalam penelitian yang terdapat dalam jurnal, temuan manfaat histatin bersumber dari air ludah bisa menjajikan untuk dikembangkan dalam dunia medis sehingga pasien yang menderita penyakit berat seperti luka traumatis, diabetes, dan luka bakar, merasakan khasiatnya. 

Berita terkait
Dokter Saran Tinggalkan Olahraga Beregu saat Pandemi
Olahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar dan imunitas menjadi naik. Saat pandemi, dokter sarankan tinggalkan olahraga beregu.
Kabar Gembira, Vaksin Corona Inggris Selesai 3 Bulan Lagi
Inggris akan meluncurkan vaksin virus corona Oxford secara massal.
Kondisi Zumi Zola Dipenjara, Idap Diabetes Jadi Sulit Melihat
Setelah terbelit kasus rasuah kemudian digugat cerai istri saat masih dipenjara, Zumi Zola dikabarkanidap diabetes hingga sulit melihat.
0
Kursi Pelatih Real Madrid Panas Muncul Nama Carlo Ancelotti
Pelatih Everton itu bisa menemukan dirinya kembali di Estadio Santiago Bernabeu yang dikaitkan dengan kembalinya Real Madrid yang sensasional