Bisa Dilakukan di Rumah, 3 Aktivitas Gym Ini Kecilkan Perut

Gym menjadi lokasi untuk mewujudkan mimpi mengecilkan perut. Akan tetapi, ada latihan pembentukan tubuh yang bisa dilakukan rumah lho.
Ilustrasi gerakan latihan plank (Foto: Pexels)

Jakarta - Memiliki perut buncit membuat seseorang terlihat tidak percaya diri. Untuk mengecilkannya memang perlu usaha tambahan. Gym menjadi lokasi untuk mewujudkan mimpi itu. Akan tetapi, ada latihan pembentukan tubuh yang biasa dijalani di gym ternyata juga bisa dilakukan rumah lho.

Latihan itu harus dilakukan secara teratur setidaknya lima kali dalam satu minggu, dengan durasi minimal 30 menit. Tak perlu repot ke gym, latihan sederhana ini bisa membantu Anda untuk mengecilkan perut.

Apa saja latihan yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengecilkan perut? Berikut Tagar berikan rekomendasinya:

1. Sit Up

Pasti sudah banyak yang tahu gerakan latihan yang satu ini. Manfaat dari sit up akan membakar lebih kalori. Karena dengan melakukan sit up dengan teratur, maka sel otot akan terbentuk dan sel otot lebih aktif membakar kalori.

Manfaat yang akan didapatkan ketika melakukan sit up bisa memperbaiki keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan memperindah bentuk berut sehingga tidak buncit lagi.

Latihan ini bisa dilakukan sangat mudah, bisa kapan saja, dan tentu bisa dilakukan di rumah.

Baca juga:

Cara melakukan sit up cukup mudah. Mulailah dengan berbaring, kemudian lekukkan lutut dan kaki haris menapak di lantai agar tubuh tetap seimbang.

Selanjutnya letakan tangan dalam posisi silang di atas dada, angkat badan ke arah lutut, kemudian turunkan badan kembali ke posisi semula. Gerakan itu bisa dilakukan berulang-ulang kali. Jangan lupa, atur napas saat melakukannya.

Sit upIlustrasi gerakan sit up (Foto: Pexels)

2. Legs Raise

Legs raise ini merupakan salah satu jenis olahraga yang mengandalkan otot perut. Manfaat dari legs raise ini sendiri adalah bisa mengencangkan otot perut, menjaga postur tubuh, dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Caranya melakukannya adalah dengan posisi berbaring, usahakan kaki menempel, kemudian bagian kaki dinaikan dan turunkan ke atas dan ke bawah, tapi tidak sampai menyentuh lantai.

Lakukan gerakan ini dengan teratur, dan rasakan manfaatnya.

Legs raiseIlustrasi gerakan latihan di gym yang juga bisa dilakukan di rumah untuk mengecilkan perut bernama legs raise. (Foto: Instagram/maaheknair)

Baca juga:

3. Plank

Plank juga termasuk salah satu gerakan latihan di gym yang juga bisa dilakukan di rumah untuk mengecilkan perut. Karena gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat otot bagian dalam, dan otot perut bagian atas dan bawah. Plank juga akan membakar kalori lebih banyak.

Cara melakukannya dengan berbaring telungkup di atas matras dan letakan lengan bagian bawah di lantai. Tekan lengan bagian bawah dan dorong tubuh Anda ke atas dan gunakanlah jari-jari kaki sebagai penopang. Usahakanlah seluruh tubuh Anda dalam keadaan lurus. Tahan posisi tersebut kurang lebih 30 detik sekali. (Niswatul Mahmudah)

PlankIlustrasi gerakan latihan plank (Foto: Pexels)

Berita terkait
3 Bahaya Kesehatan Akibat Kebiasaan Gigit Kuku Jari
Menggigit kuku jari sulit dihentikan karena sudah menjadi kebiasaan. Awas bahaya untuk kesehatan lho.
Korban Banjir Tingkatkan Kekebalan Tubuh Pakai 3 Cara Cepat Ini
Intensitas hujan tinggi dan sering terpapar genangan banjir bisa membuat sistem kekebalan tubuh seseorang terganggu.
Penyangga Masker Hits, Boleh atau Tidak Dipakai Ini Kata Dokter
Menggunakan masker dalam rentan waktu tertentu membuat napas menjadi pengap. Menanggulanginya dengan penyangga masker, apa kata dokter?
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.