UNTUK INDONESIA
Intip 7 Menu Sarapan Sehat Binaraga, Pondasi Kuat Jalani Hari
Intip menu kaya akan nutrisi seperti asupan para binaraga untuk pondasi menjalankan aktivitas selama seharian.
Ilustrasi binaraga di lokasi gym. (Foto: Ist)

Jakarta - Sarapan di pagi hari bisa dibilang pondasi untuk menjalankan aktivitas selama seharian penuh. Menu yang disantap harus kaya akan nutrisi dan tidak berlebihan seperti asupan para binaraga agar tubuh berenergi dan semangat sepanjang hari.

Pola hidup yang sehat berawal dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika ingin bentuk tubuh ideal dan berotot, maka konsumsi sesuai jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pasalnya makan sesuai jumlah kalori bisa membantu menurunkan berat badan. Jangan lupa ditambah dengan berolahraga, maka tubuhmu akan memiliki bobot ideal dan berotot.

Sarapan yang sehat harus mengandung bii-bijian, protein, susu rendah lemak, buah, atau sayuran. Semua jenis makanan itu dikombinasikan dan diukur dengan kebutuhan kalori tubuh.

Dari sekian banyak hidangan makan pagi, berikut 7 menu sarapan sehat binaraga untuk pondasi kuat menjalankan aktivitas seharian:

1. Smoothie Bowl

Manfaat smoothie bowl ini bisa menstabilkan gula darah, mengurangi berat badan, pencernaan terasa lancar, dan juga dapat membantu tubuh akan merasa cepat kenyang.

Cara membuatnya sangat mudah, hanya butuh buah  seperti pisang, nanas, jeruk lemon peras. Anda juga dapat memberikan sayur pokcoy dan biji-bijian (granola) jika menginginkannya. Semua bahan yang disebutkan ini dicampur kemudian diblender sampai benar-benar halus.

Smoothie BowlSmoothie bowl. (Foto: Pixabay/Evita-ochel)

2. Oatmeal

Oatmeal memiliki fiber (serat) yang sangat tinggi akan membuat perut kenyang dengan waktu yang lama dan sebagai antioksidan serta kaya akan nutrisi. Walaupun oatmeal ini tidak memiliki rasa, namun bisa dikreasi dengan mencampurkan dengan buah-buahan agar lebih lezat dan tetap sehat.

Oatmeal bisa kamu campur dengan pisang, stroberi, anggur, atau buah yang lain dan bisa ditambah dengan sedikit madu.

OatmealOatmeal. (Foto: Pixabay)

Baca juga:

3. Salad Sayur

Salad sayur adalah sekumpulan macam sayur yang dicampur dengan minyak zaitun atau bisa dengan mayonaise. Salad sayur ini juga kaya akan nutrisi, rendah kalori, sehat, dan kaya akan serat.

Walaupun rasanya aneh jika dimakan mentah-mentah, tapi makanan ini pilihan menu sarapan sehat. Pilihlah sayuran yang segar, tambah dengan dada ayam sebagai protein, juga dengan buah-buahan seperti alpukat.

Salad sayurSalad sayur. (Foto: Pixabay/silviarita)

4. Roti gandum dan telur

Sumber protein dari telur ini baik untuk membuat tubuh berenergi. Penyajian telur bisa direbus atau dijadikan omlet. Tapi usahakan jika membuat omlet, hanya menggunakan sedikit minyak.

Roti gandum kaya akan zat gizi, dan juga rendah kalori. Walaupun harganya lebih mahal dari varian sejenis, tapi manfaatnya bagi kesehatan lumayan besar.

Roti gandum dan telurRoti gandum dan telur. (Foto: Pixabay/stevepb)

5. Greek yogurt

Greek yogurt juga sumber protein yang baik bagi kesehatan. Greek yogurt kaya akan kalsium. Menu sarapan ini bisa ditambahkan dengan buah-buahan segar atau granola.

Greek yogurtGreek yogurt (Foto: Pixabay)

6. Roti gandum dan alpukat

Roti gandum dan alpukat juga bisa jadi menu sarapan yang sehat. Alpukat akan membantu menyehatkan jantung dan mengurangi serangan stroke.

Roti gandum dan alpukat.Roti gandum dan alpukat. (Foto: Pixabay)

7. Susu

Pilihan ini bisa jadi menu yang paling simpel dari semua menu sarapan di atas. Minum segelas susu cukup untuk sarapan pagi dan akan membantu energi di pagi hari. Harus diperhatikan kadar lemaknya, agar tidak melewati batas kalori.

SusuSusu (Foto: Pixabay/Imoflow)

Berita terkait
Dokter Bicara Tren Tindik di Dalam Hidung, Bahaya Gak Sih?
Tindik atau piercing di bagian dalam hidung sedang hits. Namun, apakah mengikuti tren ini berbahaya?
Melawan Virus Corona Pakai Ganja, Ini Hasil Penelitiannya
Melawan virus corona. Kandungan kimia alami dalam ganja memiliki dampak terhadap penanganan pasien positif?
Kemenkes Tetapkan Biaya Termahal Tes Swab Mandiri Rp 900 Ribu
Kemenkes menetapkan batas tarif tertinggi tes PCR termasuk pengambilan swab virus corona sebesar Rp 900 ribu.
0
Bamsoet Minta Vaksinasi Sejalan dengan Pemulihan Ekonomi
Bamsoet mengingatkan pemerintah agar peta jalan vaksinasi Covid-19 dikaitkan dengan program pemulihan ekonomi.