Ragam Manfaat Yoga untuk Kesehatan Ibu Hamil

Berlatih prenatal yoga bisa membantu Anda untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh Anda.
Ilustrasi Ibu hamil (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Ibu hamil perlu tetap aktif bergerak untuk menjaga kebugaran tubuh. Salah satunya dengan melakukan yoga ibu hamil. Yoga ibu hamil dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh. 

Gerakan-gerakan yoga pada ibu hamil menjadikan olahraga pada ibu hamil ini sebagai salah satu latihan yang baik untuk melatih pernapasan serta membantu proses persalinan menjadi lebih tenang, mudah, dan lancar.

Tak perlu terburu-buru saat berlatih, karena dalam berlatih yoga yang terpenting adalah Anda merasa nyaman dan rileks sesaat dan sesudah berlatih, sehingga manfaat yoga di kala hamil akan terasa.

Manfaat yoga ibu hamil lainnya adalah:

- Melancarkan sirkulasi darah.

- Membantu memperbaiki postur tubuh.

- Meningkatkan kualitas tidur.

- Mengurangi stres dan kecemasan, terutama yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan.

- Meringankan keluhan pada ibu hamil, seperti nyeri punggung bagian bawah, sesak napas, sakit kepala, nyeri panggul, dan mual.

- Mengurangi risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti melahirkan bayi prematur dan berat badan bayi rendah.

- Menurunkan tekanan darah.

Di masa kehamilan, tubuh Anda mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional. Hormon seperti estrogen, progesteron, prolaktin, relaxin, dan oksitosin meningkat tajam dan mengubah tubuh Anda.

Berlatih prenatal yoga bisa membantu Anda untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh Anda.

Masalah umum yang sering dialami ibu hamil biasanya adalah kehilangan keseimbangan tubuh, dan pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan.

Banyak gerakan prenatal yoga yang akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang.

Waktu paling tepat untuk memulai yoga ibu hamil adalah pada kehamilan trimester kedua atau 14 minggu ke atas. Meski ada beberapa gerakan yoga yang lembut dan aman dilakukan di trimester pertama kehamilan, ibu hamil terutama yang belum pernah mencoba yoga sebelumnya disarankan menunggu sampai trimester kedua.

Itulah mafaat yoga untuk ibu hamil, karena kesehatan ibu merupakan kesehatan si buah hati juga.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
7 Amalan Doa Bagi Ibu Hamil Agar Ibu dan Janin Sehat
Dengan memberi nutrisi dan gaya hidup yang sehat. Saat hamil banyak ibu yang mencemaskan keadaan sang buah hati.
Berlaga Saat Hamil, Atlet Pencak Silat Jateng Sabet Medali Perunggu
Atlet pencak silat Nadia Haq Umami Nur Cahyani berhasil sumbangkan satu medali perunggu bagi Kontingen Jawa Tengah meski dirinya tengah hamil.
Perempuan Hamil Berisiko Tinggi Sakit Kritis Akibat Covid-19
Di Inggris 20% orang yang sakit Covid-19 dalam keadaan kritis adalah perempuan hamil yang tidak divaksinasi
0
Ragam Manfaat Yoga untuk Kesehatan Ibu Hamil
Berlatih prenatal yoga bisa membantu Anda untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh Anda.