7 Amalan Doa Bagi Ibu Hamil Agar Ibu dan Janin Sehat

Dengan memberi nutrisi dan gaya hidup yang sehat. Saat hamil banyak ibu yang mencemaskan keadaan sang buah hati.
Ilustrasi Ibu hamil (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Kehamilan merupakan rezeki dari Allah SWT dengan nikmat tiada tara. Hamil dan melahirkan juga dambaan bagi setiap perempuan dan momen yang ditunggu oleh setiap pasangan. 

Saat hamil selain ibu, hal yang benar-benar diperhatikan adalah perkembangan janin. Dengan memberi nutrisi dan gaya hidup yang sehat. 

Saat hamil banyak ibu yang mencemaskan keadaan sang buah hati. 

Selain telah berusaha dengan memberi nutrisi yang terbaik, ibu juga memberikan doa sebagai permohonan kepada Allah SWT agar ibu dan bayi selamat sampai waktu kelahiran.

Ketika hamil, perempuan sangat dianjurkan untuk lebih banyak berdoa dan beribah agar janin yang dikandung menjadi anak yang sholeh ataupun sholehah. Berikut amalan doa yang bisa dibaca ibu hamil.


1. Membaca Al-Fatihah

Surat pertama dalam Al-quran ini memang dikenal dengan segala mukjijatnya. Surat ini berisi doa seorang muslim yang mengharapkan petunjuk akan jalan yang lurus dan dijauhkan dari sifat merugi kepada sang pecipta.

Banyak membaca surat Al-fatihah sangat baik untuk memohon keselamatan dan kesehatan bagi janin dan ibu. Ibu bisa membaca surat Al-fatihah sebanyak 7x lalu ditiupkan pada bagian perut agar rasa sakit yang dirasai bisa mereda.


2. Membaca ayat kursi

Ayat kursi yang merupakan ayat ke-255 dalam surat Al-baqorah dan sangat dianjurkan untuk dibaca oleh setiap muslim. Disetiap ayat-ayat bacaan ayat kursi mengandung banyak sekali arti dan makna tentang keutamaan dan manfaatnya.

Bagi ibu hamil dan calon ayah, rajinlah membaca ayat kursi Terutama, pada pagi dan petang hari, juga bisa saat selesai solat fardhu dan ketika ingin tidur. Ibu akan merasakan ketenangan hati dan tidak merasakan cemas berlebihan. Berikut lafalnya.

allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm.

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.


3. Membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah

Ibu bisa membaca dua ayat ini pada sore hari atau ketika mau tidur. Doa ini sangat bermanfaat agar ibu selalu dicukupi dan dijaga dari segala marabahaya.

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, diriwayatkan Ibnu Mas’ud Al Anshari dari Rasulullah “Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah pada malam hari maka kedua ayat itu akan mencukupinya (dari segala keburukan, godaan setan, gangguan jin, dan manusia).”


4. Perbanyak berzikir

Dalam Al quran, disebutkan bahwa ketika kandungan memasuki usia empat bulan, ruh ditiupkan kepada janin. Di waktu ini juga, ditetapkan segala jalan kehidupan yang ia miliki, perkara rezeki, ajal, amal perbuatan, dan jalan hidupnya.

Maka dari itu, dianjurkan bagi calon orangtua untuk memperbanyak berzikir, memohon ketetapan yang baik dari Allah SWT bagi janin di dalam kandungan. Beberapa bacaan zikir yang dianjurkan adalah beristigfar, kalimat tasbih, dan laa hawla walaa quwwata illa billah.


5. Membaca surat Al-Insyirah

Banyak amalan baik yang dianjurkan bagi ibu hamil, salah satunya dengan membaca surat Al-Insyirah. sebanyak tujuh kali setiap ba’da sholat maghrib dan ditiupkan pada perut yang tengah mengandung.

Khasiat surat ini di antaranya, obat dari segala macam penyakit, dan di surat tersebut Allah menegaskan bahwa akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Ini bisa meyakinkan Ibu bahwa seberat apapun proses kehamilan yang dijalani, kelak Ibu akan mendapat kemudahan.


6. Membaca Surat Al-Hasyar

Banyak amalan baik yang dianjurkan ibu hamil ketika sedang mengandung, kamu bisa membaca surat Al-Insyirah. sebanyak tujuh kali setiap ba’da sholat maghrib dan ditiupkan pada perutmu yang tengah mengandung tersebut.

Khasiat surat ini di antaranya, obat dari segala macam penyakit, dan di surat tersebut Allah menegaskan bahwa akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Ini bisa meyakinkan Mama bahwa seberat apapun proses kehamilan yang Mama jalani, kelak Mama akan mendapat kemudahan.


7. Doa yang dibacakan ayah untuk ibu dan janin

Ada satu doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh ayah selama istrinya mengandung. Berikut lafalnya.

“Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit.

Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat.

Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Selain itu, Ibu juga bisa membaca dzikir dan doa lain dianjurkan apabila mampu membuat Ibu selalu merasa tenang dalam keadaan apapun. Karena pada dasarnya semua doa merupakan hal baik karena berisi permohonan dan permintaan yang bersifat baik.

Untuk yang saat ini sedang menjalani proses kehamilan, bisa mengamalkan doa-doa ini. Dan juga bisa disimpan, bagi yang sedang merencanakan proses kehamilan.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Manfaat Berhubungan Intim Bagi Kesehatan
Pasangan suami istri yang sering melakukan hubungan intim diyakini memiliki hubungan lebih harmonis.
Frekuensi Hubungan Intim Berdasarkan Usia Menurut Dr. Boyke
Kualitas hubungan intim menentukan kelanggenan kehidupan rumah tangga. Frekuensi hubungan intim disesuaikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan.
Tips Mengatasi Bad Mood dan Cara Memperbaikinya
Bad mood sebetulnya bukan perasaan yang bertahan lama, namun ada kalanya bad mood sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.
0
7 Amalan Doa Bagi Ibu Hamil Agar Ibu dan Janin Sehat
Dengan memberi nutrisi dan gaya hidup yang sehat. Saat hamil banyak ibu yang mencemaskan keadaan sang buah hati.