UNTUK INDONESIA
Ragam Bahan Skincare Tidak Boleh Dipakai Bersamaan di Wajah
Kenali macam-macam skincare tak boleh dipakai secara bersamaan karena memilikifek buruk pada wajah.
Ilustrasi kulit kering. (Foto: Pexels)

Jakarta - Wanita pasti menginginkan kulit wajah mulus, glowing, dan bebas jerawat. Mereka akhirnya mencoba-coba produk skincare dengan maksud agar wajah makin bersih. Namun, ada yang berlebihan memakai macam-macam skincare berlapis-lapis secara bersamaan.

Karena pemakaian itu, tak jarang wanita mengeluh timbul masalah baru di wajah. Perlu diketahui, ada bahan-bahan skincare yang memang tidak boleh dipakai bersamaan pemakaiannya karena dapat memicu kulit breakout.

Mencegah kulit breakout, Tagar punya informasi untuk para wanita tentang bahan-bahan skincare apa saja yang tidak boleh digunakan secara bersamaan, berikut penjelasannya:

1. Retinol dan Vitamin C

Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang sedang tren karena mampu untuk mencegah penuaan dan bahan yang sangat bekerja cepat dikulit wajah. Sementara manfaat Vitamin C akan membantu melawan radikal bebas dari kerusakan pada kulit.

Namun, kedua bahan ini tidak boleh digunakan secara bersamaan. Akan membahayakan kulit wajah dan akan berakibat kulit mudah iritasi dan akan membuat kulit rusak.

Wajah memakai skincareIlustrasi wajah memakai skincare. (Foto: Pexels/Shiny Diamond)

2. Niacinamide dan Vitamin C

Kedua bahan ini memang bagus untuk mencerahkan dan meratakan kulit wajah akibat noda hitam bekas jerawat. Penggunaan vitamin C harus digunakan secara hati-hati karena merupakan bahan aktif yang bisa merusak kandungan bahan skincare yang lain, seperti Niacinamide.

Jika kedua bahan ini digabung akan mengurangi keefektifan kandungan masing-masing skincare. Akibatnya timbul kemerahan breakout di kulit wajah.

Kulit wajah bruntusanIlustrasi kulit wajah bruntusan. (Foto: Pexels/cottonbro)

3. Benzoyl Peroxide dan Retinol

Benzoyl peroxide dan retinol ini diklaim sebagai bahan aktif untuk permasalahan kulit wajah akibat jerawat. Penggunaan benzoyl peroxide ini harus hari-hati jika dipakai bersamaan dengan bahan lain seperti retinol.

Kedua bahan ini jika dicampur akan menyebabkan iritasi, kulit menjadi kering, kulit kemerahan, dan akan mengelupas.

Baca juga:

Kulit keringIlustrasi kulit kering. (Foto: Pexels)

4. Retinol dan AHA/BHA

Kandungan AHA/BHA ini merukapan bahan yang efektif untuk eksfoliasi kulit mati atau pengelupasan pada kulit sementara fungsi retinol adalah mempercepat regenerasi kulit.

Ketiga bahan ini jika digabungkan akan mengakibatkan kulit jadi kemerahan dan iritasi. Pasalnya penggunaan ketiga bahan tersebut membuat kulit menjadi over exfoliate. (Niswatul Mahmudah)

Wajah memakai skincare

Ilustrasi wajah memakai skincare (Foto: Pexels)

Berita terkait
Demi Gaya Pakai Masker Jaring, Lana Del Rey Dihujani Kritik
La Na Del Rey mendapat kritik bertubi-tubi setelah memakai masker berbahan jaring tembus pandang demi gaya.
3 Jenis Kopi Cocok untuk Diet, Bikin Badan Makin Singset
Sedikitnya 3 jenis kopi ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Tubuh jadi makin singset.
Dokter Bicara Tren Tindik di Dalam Hidung, Bahaya Gak Sih?
Tindik atau piercing di bagian dalam hidung sedang hits. Namun, apakah mengikuti tren ini berbahaya?
0
Pemprov Jabar Siapkan Skenario Vaksinasi
Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya akan membuat sejumlah skenario untuk vaksinasi. Seperti apa dan kapan vaksinasi itu akan dilakukan?