Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Rambut Berketombe

Ketombe kerap kali menjadi suatu masalah bagi kebanyakan orang baik perempuan atau pria. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi ketombe.
Ilustrasi Rambut Berketombe. (Foto: Pixabay/Malina_Bogdanovskaya)

Jakarta - Ketombe kerap kali menjadi suatu masalah bagi kebanyakan orang baik perempuan atau pria. Mereka bahkan tidak mengetahui penyebab dan cara mengatasi ketombe sehingga permasalahan ini sangat sulit untuk dipecahkan. 

"Ketombe adalah suatu kondisi kulit kepala yang bersifat kronik di mana akan ditemukan skuama atau serpihan-serpihan kulit kepala yang berwarna putih keabu-abuan atau kadang kekuningan. Ketika darah kekurangan nutrisi, maka kulit kepala akan mengalami kekeringan sehingga menyebabkan ketombe," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hayatun Nufus melalui channel YouTube Dokterpedia.net, seperti yang dikutip Tagar, Rabu, 19 Agustus 2020. 

Dokter Hayatun Nufus mengatakan lemak juga bisa memperparah ketombe. Sehingga, mengatasi permasalahan di kulit kepala ini, Anda disarankan untuk mulai menyelesaikan penyebab mendasar timbulnya ketombe tersebut. 

"Dengan cara hindari makan makanan buatan, makanan berperisa, makanan berpengawet, pewarna, soda, dan juga, makanan pedas. Jangan hanya melakukan pengobatan seperti mengoleskan salep, krim atau sejenisnya saja, tetapi kamu juga harus menutrisi diri dalam," ucap dia. 

Orang-orang yang kulit kering atau kekurangan nutrisi tertentu akan mudah mengalami masalah ketombe.

Dia menyebutkan mengatasi ketombe juga bisa dengan cara melakukan pijatan ringan di kulit kepala menggunakan getah dari aloe vera atau lidah buaya. "kulit pada tubuh dan kepala kita ini mengalami regenerasi secara berkala, dimana kulit mati akan terkelupas dan memberi ruang bagi kulit baru untuk tumbuh karena stres yang berlebihan juga dapat mempengaruhi kesehatan, terutama kesehatan kulit kepala kamu," ujar dr. Hayatun Nufus.

Kata dr. Hayatun Nufus, bila konsumsi makanan tidak diimbangi dengan serat atau air yang cukup bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe. "Ketika mengonsumsi makanan seperti gorengan, dan tidak diimbangi dengan makan makanan yang tinggi serat atau air yang cukup. Hal ini akan terlihat jelas pada kulit kepala kamu, dimana kulit kepala kamu yang terkelupas akan tersangkut di rambut dan ini yang disebut dengan ketombe," katanya. 

Dia menuturkan banyak minum kopi, alkohol, dan gula bisa meningkatkan pH tubuh Anda menjadi asam. Kondisi ini dapat menyebabkan ketombe karena kulit kepala tidak ternutrisi dengan baik. 

"Orang-orang yang kulit kering atau kekurangan nutrisi tertentu akan mudah mengalami masalah ketombe, kamu bisa menggunakan aloe vera tadi. Jadi beberapa perusahaan sudah membuat aloe vera dalam bentuk gel yang lebih praktis sehingga gampang Anda gunakan," tutur dokter Hayatun Nufus.    

Dia juga menyarankan Anda mengonsumsi suplemen untuk menutrisi tubuh, terutama kulit kepala. Suplemen yang bisa dikonsumsi setiap hari, yaitu omega-3. 

"Suplemen selanjutnya adalah evening primrose oil. Ini juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Kemudian gunakan juga vitamin A, vitamin B kompleks, dan juga vitamin E. Ini semua juga dapat memelihara kesehatan kulit dan juga rambut kamu," ujar dr. Hayatun Nufus. 

Selanjutnya mengatasi ketombe bisa dengan menggunakan essential oil. Beberapa essential oil yang dipercaya dapat mengatasi ketombe di antaranya lavender, tea tree, rosemary, clary sage, dan ylang-ylang. 

"Caranya adalah dengan mencampurkan 2 tetes cocoba oil, kemudian 4 tetes lavender, 3 tetes rosemery, 2 tetes tea tree dan juga 1 tetes ylang-ylang. Kemudian Anda campurkan semuanya dan lakukan pemijatan ringan pada kepala kamu," ucap dia.

Setelah Anda mencampurkan bahan-bahan alami tersebut, kemudian biarkanlah selama kurang lebih 30 menit dan bilas. Lalu, Anda bisa keramas dengan sampo. Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda ulangi kegiatan ini dua hari sekali dan lakukan selama kurang lebih 2 hingga 3 minggu. []   

Baca juga:

Berita terkait
Manfaat Chemical Peeling untuk Perawatan Kulit Wajah
Chemical peeling menjadi metode untuk mempercantik kulit wajah yang paling digemari banyak orang khususnya kaum hawa. Ini beragam manfaat peeling.
Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Pakai Skincare
Tak jarang produk skincare yang tidak cocok menyebabkan berbagai masalah kulit. Berikut cara untuk mengatasi masalah kulit yang muncul tersebut.
Cara Mencerahkan Kulit Leher Secara Alami
Memiliki kulit leher cerah tentu menjadi idaman setiap orang khususnya wanita yang ingin terlihat cantik. Berikut ini cara mencerahkan kulit leher.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan