UNTUK INDONESIA

Tips Menjemur Pakaian di Musim Hujan Agar Tidak Bau Apek

Saat musim hujan, masalah yang sering dihadapi adalah aroma baju yang menjadi bau apek. Berikut tips menjemur pakaian agar tidak bau apek.
Ilustrasi menjemur baju. (Foto: Tagar/hngstrm/unspalsh)

Jakarta - Saat musim hujan tiba, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah aroma baju yang menjadi bau apek. Sebab, saat musim hujan, pakaian tidak mendapatkan cukup panas sinar matahari dan mudah terkena percikan air hujan saat menjemurnya sehingga pakaian menjadi lembab.

Jemuran BajuIlustrasi menjemur baju. (Foto: Tagar/mparente/unspalsh)

Kondisi baju yang lembab akan membuat bakteri tumbuh dan menyebabkan bau tak enak muncul. Akibat baju yang menjadi bau apek tak jarang orang mencucinya kembali. Tak usah khawatir, berikut tips menjemur pakaian agar tidak bau apek ketika mencuci saat musim hujan.

1. Menggunakan mesin cuci yang ada pengeringnya

Banyak mesin cuci yang sudah memiliki fitur pengering sekaligus. Ada beberapa mesin cuci yang memiliki pengering hingga pakaian benar-benar menjadi kering, sehingga saat dikeluarkan bisa langsung disektrika atau dilipat.

Namun, juga ada fitur pengering yang hanya membuat pakaian menjadi setengah kering. Sehingga, baju saat dikeluarkan dari mesin cuci harus dijemur terlebih dahulu. Maka Anda tetap perlu menjemurnya kembali agar pakaian tidak menimbulkan bau apek. Jika hujan, Anda bisa menggantungnya di ruangan yang hangat dan mendapat sirkulasi angin yang baik.

2. Jemur pakaian di dekat lampu

Agar pakaian tak menimbulkan bau apek yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menjemur pakaian di dekat lampu. Lampu memancarkan panas. Hal tersebut membuat pakaian menjadi lebih cepat kering.

Cara ini juga bisa berguna ketika mengeringkan baju di malam hari saat harus digunakan besok pagi.

3. Menggunakan pewangi pakaian

Agar pakaian tidak menimbulkan bau apek cara lain yang sudah sering dilakukan yaitu dengan menggunakan pewangi pakaian. Pewangi pakaian membantu menjaga kesegaran pakaian. Selain itu, biasanya pewangi pakaian terdapat bahan pelembut sehingga pakaian menjadi lebih lembut saat dikenakan.

Walaupun musim hujan memaksa untuk tetap menjemur pakaian, tetapi ada banyak cara agar pakaian tidak bau apek dan tetap terjaga kesegaran aromanya. Sekarang, musim hujan bukan lagi menjadi penghalang untuk mencuci pakaian.

4. Gunakan hanger

Agar pakaian tak bau apek, Anda perlu menggantungnya dengan hanger. Hindari menjemur di jemuran besi-besi jemuran karena sisi dalam yang terlipat akan menjadi lembab.

Saat menggantung menggunakan hanger pun Anda perlu merenggangkan antara satu pakaian dengan pakaian lainnya. Hal tersebut agar pakaian mendapat angin sehingga terhindar dari bau apek akibat pakaian yang lembab. []

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
5 Zodiak Diprediksi Bertemu Jodoh Tahun 2021
Berikut 5 zodiak yang diprediksi tak lagi jomblo dan akan bertemu pasangannya di tahun 2021.
4 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam
Berikut 4 kandungan dalam skincare yang dapat membantu menghilangkan flek hitam dari wajah Anda.
Tips Memilih Warna Baju yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang
Bagi seorang wanita, memilih warna baju yang cocok dengan warna kulit bukan hal mudah. Terutama untuk kulit sawo matang. berikut tipsnya.
0
Tips Menjemur Pakaian di Musim Hujan Agar Tidak Bau Apek
Saat musim hujan, masalah yang sering dihadapi adalah aroma baju yang menjadi bau apek. Berikut tips menjemur pakaian agar tidak bau apek.