Pria di Padang Nekat Curi dan Jual Sapi Orang Tua

Sapi milik warga Lubuk Begalung, Padang, hilang dicuri. Hasil pengungkapan polisi, pelakunya ternyata anak kandung sendiri.
Kapolsek Lubuk Begalung Ajun Komisaris Andi Parningotan Lorena mengungkap kasus pencurian sapi milik warga yang dilakukan anaknya sendiri. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Kepolisian Sektor Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat berhasil mengungkap kasus pencurian sapi yang terjadi di Kelurahan Lubuk Begalung. Ternyata pencurinya adalah pria berinisial D, 35 tahun, anak kandung dari si pemilik sapi.  

Terungkap yang mencuri sapinya itu adalah D yang tak lain merupakan anak kandung pelapor.

Kepala Polsek Lubuk Begalung Ajun Komisaris Andi Parningotan Lorena menuturkan bermula dari laporan orang tua D yang mengaku kehilangan sapinya, Selasa, 29 Juli 2020. Kemudian dilakukan penyelidikan, olah tempat kejadian perkara hingga meminta keterangan sejumlah saksi.

"Hingga terungkap pada dini hari tadi, yang mencuri sapinya itu adalah D yang tak lain merupakan anak kandung pelapor," kata dia, Rabu, 29 Juli 2020.

D kemudian ditangkap dan digelandang ke Mapolsek Lubuk Begalung. Hanya saja sapi hasil curian diketahui sudah disembelih dan dijual ke pembeli seharga Rp 3 juta.

Hasil pemeriksaan polisi, D nekat mencuri dan menjual sapi milik orang tuanya karena alasan ekonomi. Hasil penjualan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Uang itu telah dibelikan pelaku untuk pembeli pakaian dan keperluan sehari-hari lainnya," tutur Andi.

Baca juga: 

Sementara itu, karena pelaku masih satu keluarga, pihak kepolisian berupaya memediasi secara kekeluargaan. Jika pelapor tetap hendak memproses hukum anaknya atau tidak mencabut laporannya maka pelaku disangka melanggar pasal 367 KUHP tentang pencurian dalam keluarga.

"Hasilnya, ibunya tidak mau kasus ini diproses ke jalur hukum dan memilih untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan mengingat pelaku merupakan anak kandungnya sendiri," ucap dia. []

Berita terkait
Tiga Pelaku Pencurian 7 Kambing Kurban di Maluku
Polisi berhasil menangkap komplotan pencurian hewan kurban dan kendaraan bermotor di Kota Ambon, Maluku.
2 Pencuri Sapi Jantan di Agam Diringkus, 1 Buron
Dua dari tiga pencuri sapi di Kabupaten Agam diringkus polisi. Satu rekannya berhasil kabur.
Keluarga Bantah Menantu Curi Sapi Mertua Bulukumba
Keluarga pelaku pencurian sapi milik mertuanya sendiri di Bulukumba dibantah pihak keluarga pelaku. Menurut mereka sapi itu milik pelaku sendiri.
0
Pemkot Lhokseumawe Segera Lakukan Vaksinasi Massal Covid-19
Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, dalam bulan Juni 2021 ini akan segera melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal