Populasi Ikan Hiu dan Pari di Dunia Terus Menurun

Kongres Konservasi Dunia diadakan untuk pertama kalinya dalam lima tahun setelah ditunda tahun lalu karena pandemi.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - World Wide Fund for Nature (WWF) menyampaikan populasi ikan hiu dan ikan pari terus menurun karena maraknya perburuan daging dan sirip, perubahan iklim, dan polusi.

"Lonceng alarm tidak akan berbunyi lebih keras untuk hiu dan pari," kata Andy Cornish, pemimpin program hiu di kelompok konservasi WWF dilansir BBC, Senin, 6 September 2021.

Pada tahun 2014 lalu, kelompok ikan hiu dan pari tersebut sepertiganya dianggap terancam, tetapi kini telah meningkat menjadi 37 persen.

"Kami kehilangan kelompok makhluk purba ini, mulai kehilangan spesies demi spesies di sini, saat ini, kami sangat membutuhkan tindakan segera," ujar Cornish.

Kongres Konservasi Dunia diadakan untuk pertama kalinya dalam lima tahun setelah ditunda tahun lalu karena pandemi. Selama sembilan hari, kementerian pemerintah, LSM, dan masyarakat adat yang didukung oleh jaringan yang terdiri dari 16 ribu ilmuwan akan menyusun proposal konservasi yang dapat mengatur agenda pertemuan puncak PBB mendatang tentang keanekaragaman hayati dan perubahan iklim.

Isu yang menjadi sorotan tdalam kongres tersebut termasuk perdagangan satwa liar, polusi plastik, dan perlindungan Amazon. Dewan baru akan dipilih yang akan menentukan arah masa depan Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).




Kami kehilangan kelompok makhluk purba ini, mulai kehilangan spesies demi spesies di sini, saat ini, kami sangat membutuhkan tindakan segera.




Wakil presiden dari Wildlife Conservation Society, Susan Lieberman, yang merupakan veteran konferensi, mengatakan rilis pembaruan terbaru akan mendorong tindakan pemerintah dan multilateral untuk menyelamatkan spesies yang terancam dan hampir punah.

Lieberman mengatakan pertemuan itu, yang ditunda sejak 2020 dan berlangsung baik secara daring maupun tatap muka, sangat penting untuk menentukan arah kebijakan konservasi di masa depan di tengah krisis perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan pandemi Covid-19. []



Baca Juga :

Ikan Pari Warna Pink Tertangkap Kamera di Australia

Undip Latih UMKM Kendal Buat Ikan Asap Berkualitas

Delapan Jenis Ikan Sedap untuk Sajian Bakar

Ihan Batak Salah Satu Jenis Ikan yang Dilindungi Pemerintah



Berita terkait
500 Ribu Hiu Terancam Dibunuh untuk Jadi Bahan Vaksin C19
Untuk memenuhi dosis vaksin bagi seluruh populasi dunia, minimal ada 250 ribu hiu yang harus dibunuh.
Video: Puluhan Ikan Hiu di Tepi Pantai Nusa Dua, Bali
Puluhan ekor ikan hiu karang mendekati garis Pantai Nusa Dua, Bali, Kejadian tersebut menarik perhatian wisatawan mancanegara yang ada di lokasi.
Bayi Hiu Bermata Manusia Ditemukan di Laut Maluku
Warga Dusun Jarukin, Desa Maekor, Kecamatan Aru Selatan Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku digegerkan dengan penemuan Hiu bermata satu.
0
Populasi Ikan Hiu dan Pari di Dunia Terus Menurun
Kongres Konservasi Dunia diadakan untuk pertama kalinya dalam lima tahun setelah ditunda tahun lalu karena pandemi.