UNTUK INDONESIA
Polda Sumbar Manfaatkan Operasi Zebra Buru DPO Pembunuhan
Polda Sumatera Barat memperketat pintu masuk dari Sumatera Utara memanfaatkan Operasi Zebra demi menangkap pelaku pembunuhan di Deli Serdang.
Kabid Humas Polda Sumbar, Komisaris Besar Stefanus Satake Bayu Setianto.(Foto: Tagar/Istimewa/Muh Aidil)

Padang - Kepolisian Daerah Sumatera Barat dilaporkan akan memperketat wilayah perbatasan di sejumlah titik dan memanfaatkan pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang. Hal itu dilakukan guna mempersempit ruang gerak pelaku pembunuhan di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) yang diduga kabur ke arah Kota Padang, Sumbar.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumbar, Komisaris Besar Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan pihaknya tidak akan membiarkan pelaku masuk daftar pencarian orang (DPO) itu lolos dan bisa masuk ke wilayah hukum Polda Sumbar.

Nah sekarang kan ada Operasi Zebra, kami juga manfaatkan hal tersebut.

"Tentu jika mereka memberikan data dan informasi lengkap terkait pelaku (pembunuhan) yang kabur itu, kami akan bersiaga dan melipatgandakan keamanan di kawasan perbatasan," kata Satake Bayu kepada Tagar, Senin, 26 Oktober 2020.

Satake mengatakan, pihaknya juga akan memanfaatkan pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2020 guna mempersempit ruang gerak pelaku pembunuhan di Deli Serdang, Sumut diduga kabur ke arah Kota Padang, Sumbar.

Baca juga:

"Nah sekarang kan ada Operasi Zebra, kami juga manfaatkan hal tersebut," katanya.

Sebelumnya diberitakan Tagar, Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Besar Medan memburu seorang terduga pelaku pembunuhan Taufik Hidayat, pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Untuk memburu pelaku berinisial SU, Kepolisian Sektor Percut Sei Tuan dan Polrestabes Medan bekerja sama dengan Polda Sumatera Barat. SU diidentifikasi berada di sana.

"Terduga pelaku pembunuhan aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Kejari Labuhanbatu sedang kami buru sampai ke Padang, Sumbar. Bekerja sama dengan polda dan polres setempat," kata Kepala Polrestabes Medan, Komisaris Besar Polisi Riko Sunarko kepada Tagar, Senin, 26 Oktober 2020.

Sebagaimana diketahui, Taufik pegawai Bagian Tata Usaha Kejari Labuhanbatu ditemukan tewas di sebuah saluran pembuangan kotoran hewan di Jalan Perbatasan Dusun II, Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada Selasa, 22 September 2020.

Pelaku berinisial S sudah diamankan terlebih dahulu. Setelah menangkap dan menahannya, penyidik melakukan pengembangan dan kembali mengungkap tersangka lainnya. []

Berita terkait
Operasi Zebra 2020, Polda Sumbar Sasar Motor Knalpot Racing
Polda Sumatera Barat bakal kembali menggelar operasi zebra 2020. Sasaran utamanya adalah sepeda motor dengan knalpot racing.
Kawal Demo Mahasiswa, Polda Sumbar Turunkan 1.500 Personil
Sebanyak 1.500 personil polisi diturunkan untuk mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa tolak UU Cipta Kerja di Sumatera Barat.
Mantan Kepala Biro Logistik Polda Sumbar Kena Demosi
Seorang perwira menengah Polda Sumatera Barat terkena demosi dalam mutasi yang bergulir di tubuh Polri.
0
Polda Sumbar Manfaatkan Operasi Zebra Buru DPO Pembunuhan
Polda Sumatera Barat memperketat pintu masuk dari Sumatera Utara memanfaatkan Operasi Zebra demi menangkap pelaku pembunuhan di Deli Serdang.