UNTUK INDONESIA

Pernah Cicipi Nanas Goreng? Begini Resep dan Cara Bikinnya

Buah nanas banyak manfaat tetapi jarang diketahui, termasuk cara menyantapnya yang tidak biasa, yaitu digoreng. Begini cara membuat dan resepnya.
Tampilan nanas goreng yang siap disantap. (Foto: ResepKoki)

Jakarta – Ananas comosus yang merupakan bahasa latin dari buah nanas, adalah salah satu tumbuhan tropis dari Brazil, Bolivia dan Paraguay yang dikenal permukaan dalamnya berwarna kuning. Pada buah nanas itu sendiri, memiliki banyak kandungan di dalamnya yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan.

Selain itu, kandungan di dalamnya juga mengurangi risiko terkena kanker, meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh, meringankan radang sendi rematik, dan banyak hal lainnya.

Baca Juga:

Dalam mengkonsumsi buah nanas pun ada beragam cara olahannya. Bisa dengan mengkonsumsi buahnya langsung, dengan bentuk selai, sirup, manisan, dan juga nanas ini bisa disantap dalam sajian gorengan.

Nanas goreng memiliki rasa yang juicy, manis serta segar. Selain itu juga ada perpaduan krispi dan gurih pada bagian luarnya. Berikut resep praktis dalam membuat nanas goreng untuk 4 porsi yang dilansir oleh Tagar dari resepkoki.id.

Nanas GorengBentuk lain dalam sajian nanas goreng. (Foto: Instagram/jktfoodbang)

Pertama, siapkan wadah untuk mencampurkan tepung terigu sebanyak 150 gram, 25 gram tepung beras, 1 sendok teh kanji, ⅟₂ sendok teh garam, dan 1 sendok teh vanilla. Aduk hingga merata bahan-bahan tersebut dalam wadah, lalu buat bentuk gunungan dengan melubang bagian tengahnya.

Tuang air es sebanyak 100 ml sedikit demi sedikit atau perlahan ke dalam lubang dari bentuk gunungan tadi, sambil mengaduk adonannya hingga tercampur secara merata. Jika adonan sudah selesai, siapkan wajan untuk menggoreng adonan dengan menuangkan minyak yang banyak namun secukupnya untuk dipanaskan.

Selagi memanaskan minyak, siapkan satu buah nanas yang sudah dipotong-potong. Lap setiap potongan buah nanas tersebut dengan tisu dapur agar tidak basah dan mempermudah adonan tepung untuk menempel sempurna pada nanas tersebut.

Baca Juga:

Celupkan tiap potongan nanas tersebut ke dalam adonan tepung hingga merata. Masukan potongan nanas yang telah diselimuti adonan ke dalam wajan untuk digoreng dalam minyak panas.

Goreng nanas tersebut hingga matang atau warnanya berubah kecoklatan. Jika sudah, angkat dan tiriskan nanas goreng itu, lalu sediakan piring saji untuk siap disantap sebagai camilan. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep Ayam Goreng Pedas McDonals Buat Sendiri di Rumah
Berikut resep membuat sendiri ayam goreng pedas di rumah ala MCDonalss.
Resep & Tips Masak Beef Yakiniku Ala Hokben di Rumah
Tak perlu mengeluarkan banyak uang, kamu bisa bikin yakiniku ala restoran jepang di rumah dengan mudah dan lezat.
Resep Martabak Manis Teflon Mudah ala Devina Hermawan
Makanan manis yang cukup populer dan legendaris di Indonesia adalah martabak manis. Berikut cara membuatnya dengan menggunakan teflon.
0
Pernah Cicipi Nanas Goreng? Begini Resep dan Cara Bikinnya
Buah nanas banyak manfaat tetapi jarang diketahui, termasuk cara menyantapnya yang tidak biasa, yaitu digoreng. Begini cara membuat dan resepnya.