UNTUK INDONESIA
Amankah Ibu Hamil Makan Nanas? Ini Kata Ahli
Informasi yang beredar mengenai ibu hamil (bumil) dilarang makan nanas nyatanya tidak benar. Bumil diperbolehkan makan nanas asal tidak berlebihan.
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Pixabay/regina_zulauf)

Jakarta - Tak sedikit mitos yang beredar terhadap ibu hamil (bumil) salah satunya larangan mengonsumsi nanas. Ini disebabkan karena nanas dipercaya bisa membahayakan kesehatan janin yang dikandungnya. Lantas, benarkah?

Sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa mengonsumsi nanas berbahaya bagi kehamilan. "Katanya sih, buah nanas bisa berbahaya karena kandungan enzim bromelain di dalamnya bisa memicu kontraksi rahim," kata dokter Winda melalui channel YouTube Alodokter, seperti dikutip Tagar, Senin, 31 Agustus 2020.

Namun, bumil tak perlu khawatir karena kandungan enzim bromelain yang disimpan nanas hanya sedikit, sehingga tidak berbahaya selama dikonsumsi sewajarnya. "Malah nanas sebenarnya mengandung nutrisi yang baik untuk kehamilan," ucap dr. Winda.

Meski begitu, dr. Winda mengatakan bumil tidak boleh makan nanas secara berlebihan karena bisa meningkatkan produksi asam lambung dan alergi. Sehingga, sebaiknya bumil mengonsumsi nanas secukupnya saja.

Jika bumil memiliki riwayat alergi atau mengidap penyakit tertentu dianjurkan tetap hati-hati saat ingin mengonsumsi nanas. "Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter ya sebelum mengonsumsi nanas," ujar dr. Winda.

Baca Juga:

Berita terkait
Risiko Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Gusi Saat Hamil
Perempuan hamil harus selalu menjaga asupan gizi dan gaya hidup, termasuk kesehatan gusi. Berikut risiko tidak menjaga kesehatan gusi saat hamil.
Dampak Oral Seks untuk Kesehatan
Oral seks yang kerap dijadikan pemanasan saat melakukan hubungan intim, nyatanya bisa membahayakan kesehatan. Berikut penjelasannya.
Jaga Kesehatan dengan Periksa di Awal Hamil
Banyak ibu hamil merasa bingung terhadap berbagai jenis pemeriksaan yang harus dilakukan pada awal masa kehamilan. Berikut panduannya.
0
Hutan Bakau Lubuk Kertang di Langkat Dirusak 104 Pabrik Arang
Kelompok Tani dan Nelayan Lestari Mangrove di Langkat, Sumatera Utara, meminta petugas kepolisian menangkap pelaku pencurian kayu bakau.