Peringatan HHD 2020 Momentum Refleksi Tata Kelola Perkotaan

Peringatan puncak Hari Habitat Dunia (HD) 2020 menjadi momentum refleksi tata kelola perkotaan inklusif, berkeadilan dan tangguh.
Ilustrasi hunian layak dan ramah anak di tengah kota. (Foto:Tagar/dok.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Jakarta - Peringatan puncak Hari Habitat Dunia (HD) 2020 menjadi momentum refleksi tata kelola perkotaan inklusif, berkeadilan dan tangguh. Tahun ini peringatan puncak HHD diselenggarakan tanggal 5 sampai 6 Oktober dengan tema “Housing For All: A Better Urban Future”. 

Rumah adalah kebutuhan dasar semua orang di seluruh dunia yang akan memperkuat keluarga sebagai pilar utama kekuatan bangsa

Peringatan Puncak HHD 2020 merupakan kolaborasi antara UN-Habitat dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Kota Surabaya.

Surabaya terpilih menjadi tuan rumah perayaan HHD yang diperingati oleh negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).  

Presiden RIPresiden RI, Joko Widodo (Foto:Tagar/dok.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

"Tema yang diangkat pada HHD 2020 ini sangat relevan dengan permasalahan yang dihadapi dunia saat ini. Rumah adalah kebutuhan dasar semua orang di seluruh dunia yang akan memperkuat keluarga sebagai pilar utama kekuatan bangsa serta benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan termasuk Pandemi COVID-19,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutan virtual dikutip dari Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Rabu, 7 Oktober 2020.

Diketahui, negara-negara lain di dunia saat ini tengah sibuk menangani pandemi COVID-19. Begitu pula Indonesia, menjadikan pandemi ini sebagai sebuah pembelajaran untuk membangun perkotaan tangguh dan sehat di masa mendatang.

“Pandemi COVID-19 menjadi momentum refleksi untuk merancang kebijakan perencanaan dan pengelolaan perkotaan yang inklusif dan berkeadilan. Meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi bencana alam maupun bencana non alam. Termasuk ketangguhan terhadap wabah penyakit," kata Jokowi 

"Saya harap peringatan Hari Habitat Dunia 2020 ini dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi gagasan, bertukar pengetahuan, keahlian dan pengalaman, menjalin kerjasama dan memperkuat kolaborasi untuk meningkatkan ketahanan kota menghadapi pandemi,” sambungnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sangat mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk dapat berperan aktif mengikuti Peringatan Puncak HHD 2020 secara Internasional tersebut. 

"Saya sangat mendorong untuk setiap peserta atau pemangku kepentingan terkait juga dapat berkontribusi dalam Peringatan Hari Habitat Dunia dimana Indonesia mendapat kesempatan dan kehormatan menjadi tuan rumah pada 2020," ujarnya. 

Pada peringatan puncak HHD 2020 dilaksanakan penyerahan penghargaan UN-Habitat Scroll of Honour Awards. Diberikan kepada lima delegasi pemenang baik secara langsung maupun virtual. Delegasi pemenang yang menerima penghargaan secara langsung di Kota Surabaya adalah ECOCASA dari Meksiko yang diterima oleh Jose David Alvarez Maldonado dan Kementerian Perumahan Kota Kolombia yang diterima oleh Duta Besar Kolombia untuk Indonesia Juan Camilo Valencia Gonzalez.

Perayaan puncak HHD bertujuan sebagai momen untuk melakukan refleksi atas keadaan kota-kota dan tentang hak dasar semua orang atas tempat tinggal yang layak. [] 

Baca juga: 

Berita terkait
Kementerian PUPR dan Kemenag Proses Penggantian Tanah Wakaf
ementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Agama memproses penggantian delapan tanah wakaf.
Transparansi Layanan Kementerian PUPR untuk Publik
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tingkatkan inovasi keterbukaan informasi publik, diantaranya pemanfaatan teknologi informasi
Pagu Anggaran Kementerian PUPR Terealisasi 59,5 Persen
Pagu anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun Anggaran (TA) 2020 telah terealisasi sebesar 59,5 persen.