UNTUK INDONESIA
Menu Sarapan Sehat dan Praktis untuk Diet
Diet sebagai salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan. Sehingga ada baiknya dari sekarang memperhatikan menu sarapan.
Ilustrasi Telur Rebus. (Foto: Pixabay/Bru-nO)

Jakarta - Diet sebagai salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan. Selama menjalankan kebiasaan ini, ada baiknya memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi setiap hari, terutama saat sarapan. 

Sarapan memang sebagai sumber energi dan kekuatan ketika Anda menjalankan rutinitas menjelang siang hari. Sehingga, menu sarapan harus diperhatikan agar diet yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai menu sarapan sehat dan praktis agar diet yang sedang dijalankan bisa maksimal. 

1. Ubi dan Susu Low Fat (Rendah Lemak)

ilustrasi UbiIlustrasi Ubi. (Foto: Pixabay/Buntysmum)

Ubi mengandung sumber serat dan air yang tinggi. Sehingga nutrisi yang ada di dalam ubi dapat membantu menurunkan berat badan. Ubi bisa Anda konsumsi selama menjalankan diet sehat.

Selama menjalankan diet sehat, Anda juga bisa mengonsumsi susu yang rendah lemak untuk menambah energi dan mencegah lemas saat melakukan aktivitas. 

2. Telur Rebus

Telur RebusIlustrasi Telur Rebus. (Foto: Pixabay/Bru-nO)

Telur sebagai sumber protein dan lemak yang sangat baik untuk kesehatan. Protein yang dimiliki tersebut nyatanya bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Bahkan, telur bisa membantu Anda mengatasi makan berlebihan saat sarapan.   

Diketahui sebutir telur mengandung 6 gram protein. Sehingga apabila dikonsumsi saat pagi hari, makanan ini bisa memberikan tenaga dan energi sekaligus membakar lemak. Kandungan kolin yang dimiliki telur sangat mampu memusnahkan lemak di tubuh. 

3. Pisang dan Alpukat

Ilustrasi PisangIlustrasi Pisang. (Foto: Pixabay/Couleur)

Pisang sangat baik untuk dikonsumsi di pagi hari. Kandungan serat yang dimiliki buah ini bisa memberikan tenaga hingga energi, sehingga tubuh tidak cepat lemas selama menjalankan aktivitas seharian. Satu buah pisang mengandung 3 gram serat dan 14 gram gula. 

Kandungan kalium pada buah berwarna kuning ini juga sangat ampuh menjaga tekanan darah dan cairan di dalam tubuh. Serupa dengan pisang, alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh seperti serat, vitamin, dan mineral. 

Alpukat juga cocok untuk menu sarapan sehat ketika Anda menjalankan program diet. Menurut berbagai studi dan penelitian, alpukat juga mengandung asam lemak yang berfungsi mengurangi lemak di perut. 

4. Oatmeal dan Yogurt

OatmealIlustrasi salad. (Foto: pixabay.com/shixugang)

Kandungan serat yang ada pada oatmeal dapat membantu Anda cepat kenyang lebih lama. Sehingga, hal ini dapat membantu Anda tidak makan berlebihan di siang hari. 

Anda juga bisa mengonsumsi yogurt ketika menjalankan program diet. Tetapi, sebaiknya pilihlah yogurt yang memiliki kalori rendah. Selain dapat membuat Anda kenyang lebih lama, yogurt mampu menjaga pencernaan. Jika sistem pencernaan lancar pastinya berat badan Anda akan tetap stabil. 

5. Bayam

Ilustrasi BayamIlustrasi Bayam. (Foto: Pixabay/Showmeyourflowers)

Sayuran hijau yang memiliki serat tinggi dan rendah kalori ini juga bisa menjadi menu sarapan sehat Anda saat menjalankan diet. Omega-3 dan folat nabati yang terkandung di dalam bayam, ternyata berkhasiat mengatasi risiko stroke, osteoporosis, dan jantung. 

Selain menyehatkan, konsumsi bayam setiap hari juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga berat badan Anda selalu stabil. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Menu Sarapan Pagi yang Menggugah Selera
Sarapan pagi dibutuhkan untuk mengisi energi tubuh agar lebih prima untuk beraktivitas sebelum bekerja. Terdapat lima makanan lezat khas Indonesia.
Makanan Sehat untuk Orang Tua Usia 50 Tahun ke Atas
Masa pandemi Corona, orang tua yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.
Makanan Sehat untuk Penderita Hipertiroid
Selain takikardia, aktris Jessica Iskandar dikabarkan juga menderita hipertiroid. Berikut makanan sehat yang cocok untuk dikonsumsi.
0
Menu Sarapan Sehat dan Praktis untuk Diet
Diet sebagai salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan. Sehingga ada baiknya dari sekarang memperhatikan menu sarapan.