Menu Diet Enak Berbahan Alpukat dan Telur Ayam

Alpukat merupakan buah yang banyak digemari karena memiliki tektur yang lembut dan manis. Alpukat juga bisa menjadi menu diet.
Menu diet alpukat telur panggang. (Foto: Tagar/Pixabay)

Memiliki tubuh ideal merupakan idaman sebagian orang, khususnya wanita. Tak jarang mereka melakukan diet ketat untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Namun sering kali menu diet tersebut membuat mereka terpaksa menahan lapar.

Bukan hanya harus menahan lapar, sebagian menu diet juga kadang tidak menarik selera. Namun ada menu diet yang enak dan mampu menahan lapar, yakni dengan menyantap alpukat yang dipadu dengan telur panggang.

Alpukat merupakan buah yang banyak digemari karena memiliki tektur yang lembut dan manis. Tidak hanya dibuat untuk olahan manis, alpukat ternyata bisa diolah dengan aneka ragam olahan savory atau gurih.

Di dalam alpukat terdapat kandungan lemak yang banyak. Namun lemak yang dikandung alpukat justru memiliki bayak sekali manfaat. Lemak tak jenuh alpukat bersifat sama seperti minyak zaitun yang mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Kolesterol HDL ini berperan melindungi kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga membantu mengatur kadar trigliserida dan mencegah diabetes. Kandungan lain yang dimiliki alpukat berupa vitamin, protein, karotenoid, lutein, dan mineral yang diperlukan tubuh.

Kandungan lengkap dari alpukat ini tentu banyak dimanfaatkan bagi para pejuang berat bdan. Mereka yang ingin menurutkan berat badan biasanya sering menjadikan alpukat sebagai pengganti asupan karbohidrat sehari-hari.

Jika kamu ingin mencoba olahan sehat dari buah alpukat. Alpukat telur panggang ini sangat cocok sebagai salah satu menu sarapan atau makan anda. Pembuatannya yang mudah dan sederhana tentu akan memudahkan kamu mendapatkan menu sehat tanpa ribet.

Berikut resep Alpukat Telur Panggang yang wajib untuk dicoba :

Bahan-bahan


2 porsi

1. 1 butir buah alpukat

2. 2 butir telur ayam

3. 1 sendok makan air jeruk nipis

4. Garam secukupnya

5. Merica (lada) bubuk secukupnya

6. 1 batang Seledri

7. Margarin secukupnya

Cara Memasak

1. Panaskan oven dengan api besar.

2. Belah alpukat menjadi dua sama besar, buang bijinya, olesi dengan air jeruk nipis dan taburi sedikit garam

3. Pecahkan telur, tuang ke dalam alpukat, taburi sedikit garam dan lada bubuk, lalu taburi seledri yang sudah dicincang

4. Taruh di loyang yang diolesi margarin, oven dengan api besar selama 20 menit. Angkat, hidangkan hangat. []

(Mia Setya Ningsih)


Berita terkait
Cara Memilih Alpukat Yang Matang dan Siap Dimakan
Memilih alpukat yang matang bukan hal mudah. Kamu mungkin sering menjumpai buah alpukat yang keras dan kebanyakan belum matang di pasaran.
Benarkah Mie Instan Bekal Terbaik Saat Mendaki Gunung?
Ada beberapa bekal makanan yang disarankan untuk dibawa oleh para pendaki karena memiliki kelebihan. Ini beberapa jenis bekal makanan itu.
Bikin Crispy Crepes Mudah - Nikmat ala YouTuber Jessica Jane
Crepe merupakan camilan yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Begini cara membuat crispy crepes ala Jessica Jane.
0
Juventus Angkat Kembali Massimiliano Allegri Jadi Pelatih
Juventus telah menunjuk kembali mantan pelatih Massimiliano Allegri hanya beberapa jam setelah memecat Andrea Pirlo