UNTUK INDONESIA
Menteri Agama Ingatkan Dai Tak Ikut Provokator Umat
Menteri Agama, Fachrul Razi meminta kepada para dai Indonesia agar tidak menyampaikan materi-materi dakwahnya yang bersifat provokasi.
Menteri Agama, Fachrul Razi saat meninjau kondisi Asrama Haji Aceh di Banda Aceh, Minggu 17 November 2019 sore. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Banda Aceh – Menteri Agama, Fachrul Razi meminta kepada para dai atau penceramah di Indonesia agar tidak menyampaikan materi-materi dakwahnya yang bersifat provokasi.

“Dai kita pesankan jangan mengangkat hal-hal yang bisa memprovokasi umat,” kata Fachrul Razi kepada wartawan usai silaturahmi bersama ulama Aceh di Banda Aceh, Minggu 17 November 2019 sore.

Bekas Wakil Panglima TNI itu mengatakan, materi-materi ceramah yang bersifat provokator sangat membahayakan negeri ini. Karena itu, ia menyerukan agar para dai untuk meningkatkan sensitifitasnya saat menyampaikan dakwah.

“Meskipun itu dalil-dalinya betul, ayat-ayatnya betul tapi kontekstualnya mungkin gak betul, itu membahayakan, saya kira tiap dai harus bisa sensitifitasnya harus tinggi, karena bangsa ini majemuk,” ujar Fachrul Razi.

Meski demikian, Fachrul Razi menjelaskan, selama ini para dai di Aceh sudah cukup bagus. Artinya, belum ditemukan adanya penceramah yang menyampaikan materi bersifat provokasi.

“Tapi saya lihat di Aceh bagus sekali, Pangdam menginformasikan ke saya, Bang luar biasa sekali di Aceh ini, saya pernah-pernah tugas kemana-mana, Aceh sampai sekarang tidak seperti yang dibayangkan dulu, luar biasa baik,” tutur Fachrul Razi.

Dai kita pesankan jangan mengangkat hal-hal yang bisa memprovokasi umat.

Untuk diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi melakukan kerja ke Provinsi Aceh selama tiga hari, terhitung mulai Sabtu 16 sampai Senin 17 November 2019.

Ini merupakan kunjungan perdana Fachrul Razi sebagai Menteri Agama Republik Indonesia ke provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah itu.

Dalam kunjungan tersebut, Fachrul Razi melaksanakan sejumlah kegiatan, antara lain mengunjungi dua kampus, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh.

Selain itu, Fachrul Razi juga melakukan silaturahmi bersama ASN Kemenag Aceh dan ulama di provinsi tersebut. Dalam kesempatan itu, dia juga menandatangani tiga prasasti gedung balai nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan yang dibangun dengan dana SBSN tahun 2019. []

Baca juga:

Berita terkait
Kemenag Aceh Sediakan 237 Formasi CPNS
Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh membuka 237 formasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Aceh Buka Posko Pengaduan Peserta CPNS
Ombudsman RI melalui kantor perwakilan Aceh membuka posko pengaduan untuk peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.
BMKG Keluarkan Peringatan Angin Kencang di Aceh
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskdandar Muda menyebutkan Aceh sedang terjadi fenomena pusaran angin,
0
Atlet Asal Gowa Sumbang Tiga Medali di SEA Games
Anwar memenangi laga Man Kano jarak 1.000 meter bersama tandemnya Yudi Firmansyah untuk medali emas pertama.