UNTUK INDONESIA
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Angin Kencang di Aceh
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskdandar Muda menyebutkan Aceh sedang terjadi fenomena pusaran angin,
Waspada Angin Kencang di Jabodetabek hari ini (16/1). (Ilustrasi)

Lhokseumawe – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda mengeluarkan peringatan dini, tentang potensi angin kencang yang terjadi di Provinsi Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda Zakaria, mengatakan selama dua hari ke depan berpotensi terjadinya angin kencang di Aceh dan berdampak terhadap gelombang laut.

“Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, maka kecepatan angin tersebut bisa mencapai 40 kilometer per jam dan hal itu sudah termasuk angin kencang dalam kategori menengah,” ujar Zakaria, Selasa, 17 Maret 2020.

Terutama yang berada di kawasan pesisir Samudera Hindia Barat Aceh, Selat Malaka bagian utara, sebelah utara pulau Sabang dan di daerah pesisir Barat–Selatan Aceh.

Zakaria menambahkan, dengan kecepatan angin yang mencapai 40 kilometer per jam, maka bisa menyebabkan pohon-pohon tumbang dan juga benda-benda lain seperti papan baliho atau reklame.

Bagi para nelayan diimbau juga harus lebih hati-hati dalam melaut, karena terjadi peningkatan gelombang. Apabila gelombang laut sudah mulai tinggi, maka tidak semua kapal mampu menerobos ombak.

“Bagi para nelayan harus lebih hati-hati, terutama yang berada di kawasan pesisir Samudera Hindia Barat Aceh, Selat Malaka bagian utara, sebelah utara pulau Sabang dan di daerah pesisir Barat–Selatan Aceh,” tutur Zakaria.

Saat sekarang ini perairan Sabang–Banda Aceh ketinggian gelombang mencapai 2 meter, perairan utara Sabang mencapai 2, 50 meter, bagian utara dan timur Aceh mencapai 1, 50 meter.

Begitu juga dikawasan barat–selatan Aceh ketinggian gelombang mencapai 2 meter, wilayah Selat Malaka bagian utara mencapai 1, 50 meter dan kawasan Samudera Hindia Barat Aceh mencapai 2, 50 meter. []

Berita terkait
19 Kg Sabu Ditemukan di Kebun Sawit Aceh
BNN Provinsi Aceh memusnahkan 19 kilogram sabu-sabu, 20 ribu ekstasi, 20 ribu pil happy five, serta sebanyak 54 kilogram ganja.
Corona, 25 Turis Dipindahkan ke Satu Pulau di Aceh
Pemerintah Aceh Singkil memindahkan 25 wisatawan mancanegara ke Pulau Sikandang untuk mencegah virus corona.
Pakai Parang Pria Aceh Bacok Adik Ipar Hingga Kritis
Seorang warga Banda Aceh, Aceh tega membacok adik iparnya sendiri hingga tangan sebelah kirinya nyaris putus.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.