UNTUK INDONESIA
BMKG Keluarkan Peringatan Angin Kencang di Aceh
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskdandar Muda menyebutkan Aceh sedang terjadi fenomena pusaran angin,
Hujan dan petir. BMKG memperkirakan potensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia selama sepekan ke depan, 11-17 November 2019. (Foto: ilustrasi)

Lhokseumawe – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskdandar Muda merilis laporan, untuk wilayah berpotensi terjadinya angin kencang dan diperkirakan bertahan sampai akhir bulan Desember mendatang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda Zakaria, mengatakan saat ini sedang terjadi fenomena pusaran angin di wilayah barat Aceh.

“Dengan adanya fenomena pusaran angin ini, maka menyebabkan terjadinya angin kencang yang disertai dengan instensitas petir, sehingga masyarakat harus waspada ketika sudah melihat awan berubah menjadi gelap,” ujar Zakaria.

Zakaria menambahkan, berdasarkan hasil analisa pihaknya, maka kecepatan angin tersebut mencapai 40 hingga 60 kilometer per jam dan sudah tergoloang cukup kencang, karena dengan kecepatan seperti itu bisa menumbangkan pohon dan beberapa material lainnya.

Masyarakat harus waspada ketika sudah melihat awan berubah menjadi gelap.

Apabila masyarakat sudah melihat awan berubah menjadi gelap secara tiba-tiba, maka lebih baik tidak beraktivitas di luar rumah dan jangan berdiri di bawah pohon, karena awan gelap tersebut bisa menghasilkan angin kencang.

Bukan hanya itu saja, BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda juga memperingatkan tentang potensi terjadinya banjir dan longsor, akibat curah hujan yang cukup tinggi di akhir tahun 2019 ini.

“Selain persoalan angin kencang, hal yang harus diantisipasi adalah mengenai banjir dan longsor, karena memang saat ini intensitas hujan tergolong tinggi, maka kedua bencana itu sangat potensi terjadi,” tutur Zakaria. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kemenag Aceh Sediakan 237 Formasi CPNS
Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh membuka 237 formasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Akibat Bangkai Babi, Pasar Ikan di Aceh Singkil Sepi
Lapak pedagang ikan di pekan harian pasar Singkil, Aceh Singkil, Provinsi Aceh sejak dua hari terakhir sepi pembeli.
Aceh Buka Posko Pengaduan Peserta CPNS
Ombudsman RI melalui kantor perwakilan Aceh membuka posko pengaduan untuk peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.
0
AHY 'Golden Boy' Partai Demokrat
Ferdinand Hutahaean menyatakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan kandidat terkuat menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.