UNTUK INDONESIA
Masker Langka, Polres Kediri Kota Sidak Apotek
Polres Kediri Kota bersama Disperindag melakukan razia di apotek, supermarket, dan pasar tradisional karena minimnya masker.
Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana bersama Disperindag Kota Kediri melakukan pengecekan ketersediaan masker di apotek di Kota Kediri. (Foto: Tagar/Fendhi Lesmana)

Kediri - Wabah virus corona ternyata meresahkan masyarakat, tak terkecuali di Kota Kediri. Hal itu ditunjukan dengan langkanya masker di apotek dan minimarket di Kota Kediri.

Menindaklanjuti hal tersebut Kepolisian Resort Kediri Kota bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan inspeksi mendadak dan razia di sejumlah apotek, supermarket, dan pasar tradisional, Selasa 3 Maret 2020.

Memang bahwasanya beberapa supermarket, kemudian apotek terjadi kelangkaan masker.

Kapolres Kediri Kota, Ajun Komisaris Besar Miko Indrayana mengakui saat ini persedian masker di sejumlah apotek, supermarket, dan pasar tradisional terbatas. Meski demikian, kata Miko, Pemerintah Kota Kediri masih memiliki cadangan masker yang nantinya digunakan untuk skala prioritas.

"Memang bahwasanya beberapa supermarket, kemudian apotek terjadi kelangkaan masker. Namun demikian, baik dari Pemkot dalam hal ini adalah Dinas Kesehatan, dan Polresta kita sudah memiliki cadangan masker yang cukup," paparnya.

Miko mengungkapkan langkanya masker di Kota Kediri bukan karena faktor diborong oleh masyarakat. Tetapi karena distribusi penjualan yang memang terlambat.

"Dari beberapa supermarket yang kita tanya, kemudian beberapa apotek kita tanya (kondisi) ini sudah cukup lama. Jadi ini mereka sudah memesan, tapi barang tak kunjung datang," ucapnya.

Ia mengaku kelangkaan masker di Kota Kediri sudah terjadi sejak satu bulan terakhir. Meski demikian, pihaknya juga mendapatkan fakta jika ada beberapa warga membeli masker dalam jumlah banyak untuk dikirimkan ke luar negeri.

"Di luar negeri memang sulit mendapatkan masker, sehingga ada yang meminta untuk dikirimkan masker," tuturnya.

Sementara Kepala Disperindag Kota Kediri Nur Muhyar memastikan Pemkot Kediri sudah mempersiapkan fasilitas khusus, seperti rumah sakit jika ada warga yang terindikasi terserang Convid-19. Ia juga memastikan akan memberikan kemudahan untuk distribusi obat dan masker.

"Bagaimana protap penanganan sebuah kasus, kita siap termasuk sejumlah rumah sakit daerah. Siap sebagai upaya antisipasi mana kala ada permintaan obat-obatan atau masker dan lain sebagainya," ucapnya. []

Berita terkait
Cuci Tangan Ampuh Cegah Corona Dibanding Masker
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan penyebaran virus corona lewat tangan. Untuk itu dirinya mendorong agar warga rajin cuci tangan.
WN Jepang Terdeteksi Demam Tinggi di Ngurah Rai Bali
Saat ini WN Jepang yang mengalami deman tinggi dan batuk mendapatkan perawatan di RSUD Mangusada, Badung, Bali untuk dilakukan observasi.
Dosen Unair Sebut Rempah-Rempah Bisa Cegah Corona
Guru besar Unair Surabaya untuk menangkal virus corona perlu imunitas cukup baik. Untuk meningkatkan imunitas bisa konsumsi rempah-rempah.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.