UNTUK INDONESIA
Cuci Tangan Ampuh Cegah Corona Dibanding Masker
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan penyebaran virus corona lewat tangan. Untuk itu dirinya mendorong agar warga rajin cuci tangan.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didampingi Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih (kiri) dan Direktur RS Unair, Prof Nasronudin saat jumpa pers di Tropical Disease Center Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Selasa 3 Maret 2020. (Foto: Tagar/Ihwan Fajar)

Surabaya - Wabah virus corona benar-benar membuat resah masyarakat, khususnya di Surabaya. Akibatnya, warga berbondong-bondong memborong masker untuk mencegah tertular Covid-19 tersebut.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan warga tak perlu panik setelah terdeteksinya dua warga Kota Depok, Jawa Barat hingga memborong masker untuk antisipasi penyebaran virus corona. Risma mengatakan sebenarnya penyebaran virus corona bisa dicegah hanya dengan rajin cuci tangan.

Sebetulnya saya sudah nimbun masker sejak Januari. Cuma saya mendengar yang berbahaya itu dari tangan diusapkan ke mana-mana.

"Soal kenapa cuci tangan, saya mendengar itu lebih baik cuci tangan karena penyebarannya lebih cepat dari tangan ke tangan dan bisa ke mana-mana," ujarnya saat jumpa pers di Tropical Disease Center Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Selasa 3 Maret 2020.

Baca Juga: WN Jepang Terdeteksi Demam Tinggi di Ngurah Rai Bali 

Untuk itu, kata Risma, pihaknya menggenjot sosialisasi ke warga untuk rajin cuci tangan termasuk perbaikan sanitizer. Risma pun menegaskan saat ini Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan sudah melakukan stok untuk masker

"Sebetulnya saya sudah nimbun masker sejak Januari. Cuma saya mendengar yang berbahaya itu dari tangan diusapkan ke mana-mana. Makanya cuci tangan yang saya genjot termasuk sanitizer. Kuncinya ada di tangan justru," ucapnya.

Baca Juga: Dosen Unair Sebut Rempah-Rempah Bisa Cegah Corona

Ia mengatakan menimbun masker untuk stok yang nantinya akan dibagikan kepada warga.

Direktur Rumah Sakit Unair Surabaya, Prof Nasronudin meminta kepada warga untuk tidak panik tentang wabah virus corona. Alasannya, jika warga panik imunitas atau ketahanan tubuh akan terganggu.

Baca Juga: Pesan Risma untuk Warga Surabaya Antisipasi Corona 

"Bersikap tenang itu bisa menjaga stabilitas ketahanan tubuh, sehingga penyebaran virus corona yang ganas ini bisa dieliminasi," ujarnya.

Ia meminta kepada warga untuk menerapkan perilaku hidup sehat agar virus tidak menyerang tubuh. []

Berita terkait
Korban Perumahan Fiktif di Malang Rugi Ratusan Juta
Korban penipuan dan penggelapan perumahan di Kota Malang mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah karena tersangka tak mengembalikan uang.
Kapal Nelayan di Sumenep Meledak, Satu Orang Hilang
Polres Sumenep menyebutkan meledaknya kapal terjadi pada Senin sore dan akan pergi melaut di sekitar Pulau Pagerungan Kecil.
Februari, Isu Corona Pemicu Inflasi Kota Malang
BPS Kota Malang mencatat bawang putih menjadi penyebab terjadinya inflasi pada Februari 2020. Pasokan bawang putih dari China menurun akibat corona
0
Pemkot Sorong Siapkan Hotel untuk Tenaga Medis
Pemerintah Kota Sorong menyiapkan Hotel Waigeo sebagai tempat istirahat tenaga medis