Penjelasan BMKG Kemunculan Awan Cincin Gegerkan Kediri

Fenomena kemunculan awan mirip cincin di langit Kota Kediri Jawa Timur menjadi perhatian warga. Ini penjelasan BMKG
Kemunculan awan berbentuk cincin di langit Kota Kediri viral di media sosial. (Foto: Tagar/Capture Facebook)

Surabaya - Fenomena kemunculan awan mirip cincin di langit Kota Kediri, Jawa Timur menjadi menjadi perhatian warga dan juga netizen. Kemunculan awan cincin di langit Kota Kediri pertama kali diunggah oleh akun Jeehan Neelam.

Setelah kita cek, bahwa tadi pagi ada pesawat latih di area Kediri.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto menjelaskan kemunculan awan berbentuk mirip cinci di langit Kota Kediri bukan sebuah fenomena. Ia menjelaskan bahwa terbentuknya awan tersebut akibat adanya pesawat tempur yang sedang bermanuver.

"Setelah kita cek, bahwa tadi pagi ada pesawat latih di area Kediri. Sehingga dimungkinkan itu merupakan contrail pesawat latih TNI-AU yang bermanuver," ujarnya kepada Tagar saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Selasa, 1 Desember 2020.

Ia menjelaskan contrail atau jejak kondensasi adalah jejak uap air terkondensasi yang muncul dari sisa pembakaran mesin pesawat. Apabila uap air tersebut menabrak udara dingin, uap air itu berubah menjadi kristal-kristal es yang meninggalkan jejak awan salju putih.

"Jejak kondensasi dapat terlihat dalam waktu beberapa detik atau menit, atau bahkan berjam-jam, bergantung pada kondisi atmosfer," tuturnya.

Sebelumnya, sebuah akun bernama Jeehan Neelam mengunggah sebuah video yang menunjukkan awan berbentuk cincin di langit Kota Kediri. Dalam unggahannya, Jeehan Neelam menuliskan "Selain aku... ada gak yg lihat fenomena alam barusan...Seperti ada mata besar yg melihat ke bawah". []

Berita terkait
Kata BMKG Soal Gemuruh Mirip Suara Letusan Merapi
Penjelasan BMKG terkait suara gemuruh yang mirip letusan merapi, sementara itu warganet panik.
Kata BMKG Terkait Cuaca Panas di Indonesia
BKMG mengatkan bahwa cuaca panas di beberapa daerah di Indonesia merupakan efek dari gerak semu matahari.
Hoaks Gelombang Panas Landa Indonesia, BMKG Beri Penjelasan
BMKG memberikan bantahan sekaligus penjelasan mengenai hoaks yang menyebutkan bahwa wilayah Indonesia akan dilanda gelombang panas.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan