UNTUK INDONESIA
Dosen Unair Sebut Rempah-Rempah Bisa Cegah Corona
Guru besar Unair Surabaya untuk menangkal virus corona perlu imunitas cukup baik. Untuk meningkatkan imunitas bisa konsumsi rempah-rempah.
Enam Tanaman Herbal Bantu Obati Diabetes. (Foto: honestdocs)

Surabaya - Wabah virus corona mulai membuat resah warga Indonesia. Apalagi, sejak terdeteksinya dua warga di Depok dinyatakan positif virus corona oleh pemerintah, Senin 2 Maret 2020.

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Mangestuti Agil mengingatkan kembali masyarakat Indonesia tentang kekayaan alam berupa rempah-rempah. Ia mengatakan rempah-rempah seperti kunyit, temulawak, siri, dan jahe memiliki khasiat meningkatkan imun manusia.

Jika tidak ada waktu membuat minuman dari kunyit, bisa membuat minuman dari jahe atau mengonsumsi susu telur madu jahe (STMJ), kemudian minuman herbal pokak yang memiliki kegunaan menguatkan kekebalan tubuh.

Prof Mangestuti mengatakan rempah-rempah, khususnya kunyit memiliki antioksidan berfungsi untuk menguatkan kekebalan tubuh.

"Jika tidak ada waktu membuat minuman dari kunyit, bisa membuat minuman dari jahe atau mengonsumsi susu telur madu jahe (STMJ), kemudian minuman herbal pokak yang memiliki kegunaan menguatkan kekebalan tubuh," ujarnya seperti dilansir Antara, Senin, 2 Maret 2020.

Baca Juga: Pesan Risma untuk Warga Surabaya Antisipasi Corona 

Ia mengaku rempah-rempah sangat cocok untuk pengobatan karena mudah diterima dan menyatu dengan tubuh. Meski demikian, perlunya konsumsi secara teratur agar imun tetap terjaga dengan baik.

"Ingat, sejak dulu empon-empon (rempah-rempah) sudah menjadi bagian dari Indonesia. Masalahnya, kini belum banyak masyarakat yang menaruh perhatian. Meski di era sekarang semua khasiat sudah teruji, diperlukan perhatian untuk kembali mengoptimalkan rempah-rempah di sekitar kita," tuturnya.

Baca Juga: Khofifah: Pelajaran PAUD-TK Bisa Cegah Virus Corona 

Ia menegaskan rempah-rempah bisa menjadi solusi penangkal virus corona, karena bisa meningkatkan imunitas. Untuk itu, diperlukan kekebalan tubuh agar terhindar penyebaran virus.

Selain dengan rempah-rempah, menjaga imunitas juga diperlukan berbagai upaya, seperti adanya manajemen stres yang baik, menjaga pola makan, istirahat dan olahraga teratur.

"Kesemuanya itu sudah sepaket. Jika dijalankan dengan baik maka imunitas akan kuat dan membuat manusia sehat, termasuk terhindar dari virus seperti Covid-19," ucapnya.

Baca Juga: Terawan: Kematian Flu Lebih Tinggi Daripada Corona 

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengakui khasiat mengonsumsi zat yang mengandung kurkuma, seperti jahe, siri, temulawak dan kunyit.

“Jadi ayo kita gunakan itu. Tidak mahal juga. Meskipun kita tidak tahu itu betul atau tidak tapi yang paling penting adalah kita sudah berusaha. Jadi sudah berapa bulan ini saya minum itu. Kalau mau saya buatkan dikediaman ada banyak,” ujarnya usai gelar doa bersama di kantor Balai Kota Surabaya, Senin 2 Maret 2020.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya itu, meyakini jahe, siri, dan temulawak dan kunyit bisa menjadi pencegahan virus corona. Risma melihat fakta adanya tujuh orang India di Kota Wuhan, China sampai hari ini tidak terjangkit virus corona.

“Orang India adalah konsumen dari rempah-rempah. Saya juga masih cek di Negara Turki seperti apa karena Turki pengguna rempah-rempah juga,” ucapnya. []

Berita terkait
Februari, Isu Corona Pemicu Inflasi Kota Malang
BPS Kota Malang mencatat bawang putih menjadi penyebab terjadinya inflasi pada Februari 2020. Pasokan bawang putih dari China menurun akibat corona
Pemeriksaan Gisel dan Tyas Mirasih Kembali Diundur
Kuasa hukum Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih mengajukan pengunduran jadwal pemeriksaan kasus pembobolan ATM ke Polda Jatim karena alasan syuting.
Polresta Malang Bongkar Penipuan Perumahan Fiktif
Polresta Malang menangkap Linda Yunus, tersangka penipuan perusahaan fiktif untuk penipuan pemasaran perumahan di Kelurahan Lowokwaru, Kota Malang.
0
Video Viral: Fans Asal Indonesia Menangisi Kematian Naruto
Sebuah video berisi adegan seorang perempuan menangisi kematian karakter anime Naruto, viral di media sosial.