UNTUK INDONESIA
Resep Rahasia Tahu Kuning Kediri, Lezat dan Bergizi
Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri dikenal sebagai kampung perajin tahu. Setidaknya ada 30 perajin.
Perajin Tahu Kuning di Kelurahan Tinalan, Kota Kediri. (Foto: Tagar/Fendhi Lesmana)

Kediri - Kota Kediri memiliki dua ikon kuliner untuk menjadi oleh-oleh saat berkunjung ke Kota yang berada di kaki Gunung Wilis yakni pecel dan Tahu Kuning. Khusus Tahu Kuning, tidak hanya sekadar makanan pendamping, melainkan juga menjadi sumber ladang penghasilan.

Di sepanjang jalan protokol Kota Kediri, banyak dijumpai sentra kuliner khusus menjual oleh-oleh tahu kuning. Tahu kuning Kediri dikenal dengan rasa yang khas dan juga bergizi.

Struktur ketebalannya sama dengan tahu buatan daerah lain, yang membedakan rasanya. Komposisi bahan baku kedelai di sini lebih diperbanyak sehingga terasa kelezatanya.

Perajin Tahu Kuning di Kelurahan Tinalan, Kota Kediri, Atmo Santoso mengatakan secara bentuk, tahu kuning tidak berbeda jauh dengan tahu biasanya. Hanya warna kuning yang membedakan.

"Struktur ketebalannya sama dengan tahu buatan daerah lain, yang membedakan rasanya. Komposisi bahan baku kedelai di sini lebih diperbanyak sehingga terasa kelezatanya," ujarnya kepada Tagar, Selasa, 6 Oktober 2020.

Baca juga:

Atmo menjelaskan proses pembuatan tahu kuning agar aromanya tercium harum. Ia mengatakan dalam olahan kedelai ketika dimasak di dalam tungku diberi daun pandan dan garam. Ia mengaku dalam pembuatan tahu kuning semua perlengkapkan digunakan masih memakai peralatan tradisional.

"Sementara untuk memberikan kesan warna kuning pada tahu takwa, perajin memberi kunyit. Kunyit dipercaya sangat bagus bagi kesehatan karena memiliki kandungan zat anti kanker," tuturnya.

Perajin Tahu KediriPerajin Tahu Kuning di Kelurahan Tinalan, Kota Kediri. (Foto: Tagar/Fendhi Lesmana)

Selain berbahan kunyit, kata Atmo, ada beberapa perajin tahu menggunakan bahan lainnya agar bisa terlihat kuning. Ia mengku semua resep atau bahan digunakan untuk memasak tanpa pengawet.

"Karena tanpa campuran bahan pengawet, tahu ini hanya bisa bertahan selama 3 hari," kata dia.

Atmo Santoso kembali menjelaskan untuk membuat tahu takwa kuning dari proses awal perebusan, mencetak ukuran, hingga sudah jadi membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Untuk setiap kali memasak, diperlukan bahan baku kedelai sekitar 12 kilogram.

"12 kilogram kedelai itu jika sudah masak bisa jadi 200 potong tahu," ucapnya.

Untuk bahan dasar pembuatan tahu, Atmo mengatakan kedelai berasal dari Amerika Serikat. Ia mengatakan kedelai impor dari Amerika Serikat memiliki kualitas bagus, sehingga tahu yang dihasilkan juga berkualitas.

"Jika ditaruh di dalam lemari pendingin (kulkas), tahu takwa bisa bertahan hingga 5 hari. Jika tidak ditaruh di dalam kulkas hanya bisa bertahan 3 hari saja," kata dia.

Atmo mengaku untuk pelanggan bukan hanya berasal dari dalam kota saja, melainkan juga luar daerah seperti Surabaya, Madiun, Madura bahkan ada datang langsung dari Jakarta.

Selain melayani pembelian langsung ditempat, juga berjualan via online. Pengiriman dilakukan melalaui transportasi darat Kediri menuju ke Jakarta.

Pada saat awal pandemi, beberapa bulan lalu penjualan makanan oleh-oleh khas Kediri sempat mengalami penurunan permintaan. Hal ini dikarenakan banyak tempat wisata yang ditutup pada saat pandemi kala itu.

Namun, seiring berjalannya waktu, permintaan sedikit kembali normal. Hal itu setelah sejumlah tempat wisata di Kota Kediri kembali di buka.

"Banyak pengunjung atau wisatawan datang dari Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk dan Blitar acap kali terlihat mampir di sentra kuliner untuk membeli ole ole tahu kuning, stik tahu dan getuk pisang," kata dia.

Sekadar diketahui, Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, sejak tahun 1958 dikenal sebagai sentra pengrajin tahu. Setidaknya ada 30 perajin tahu yang tersebar di 8 RT dan 2 RW.

Mereka bisa membuat segala macam menu masakan berbahan tahu, mulai dari stik tahu, tahu wolak walik, tahu putih, tahu kuning tahu sayur, krupuk ampas tahu hingga cokelat tahu.[] (PEN)

Berita terkait
Kekerasan Seksual Ayah di Kediri ke Putri Kandungnya
Polres Kediri Kota menangkap seorang pria karena melakukan tindak kekerasan dan pencabulan terhadap putri kandungnya sendiri.
Resto Pari Kediri, Tempat Kuliner Baru di Kaki Gunung Wilis
Resto Pari belum satu bulan di buka tetapi sudah diminati warga Kediri yang ingin menikmati keindahan kaki Gunung Wilis.
Presiden Persik Kediri Dinyatakan Positif dan Jalani Isolasi
Presiden klub Persik Kediri Abdul Hakim Bafagih positif Covid-19 sehingga menjalani karantina. Sebelumnya bek Andri Ibo terinfeksi dan sembuh.
0
Resep Rahasia Tahu Kuning Kediri, Lezat dan Bergizi
Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri dikenal sebagai kampung perajin tahu. Setidaknya ada 30 perajin.