UNTUK INDONESIA

Manfaat dan Dampak Buruk Penggunaan Kipas Angin Saat Tidur

Berikut Tagar rangkumkan empat dampak buruk dan manfaat penggunaan kipas angin saat tidur bagi tubuh.
Ilustrasi penggunaan kipas angin saat tidur. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Beberapa orang mengatakan bahwa angin sejuk dan suara dengungan yang rendah seperti suara kipas angin bermanfaat untuk membantu mereka tertidur lebih cepat dan nyenyak. Namun ternyata, penggunaan kipas angin saat tidur juga memiliki beberapa dampak negatif bagi tubuh.

Kipas angin tidak menimbulkan risiko serius pada malam hari. Namun, bagi sebagian orang, hal itu bisa menimbulkan efek samping yang mengganggu dan merugikan.

Mengutip informasi dari laman Healthline, ada sejumlah dampak buruk dan manfaat dari menggunakan kipas angin saat tidur.

Berikut Tagar rangkumkan empat dampak buruk dan manfaat penggunaan kipas angin saat tidur bagi tubuh:

IlustrasiIlustrasi tidur. (Foto: theesleeppadviser.com)

1. Pernapasan Tersumbat

Angin yang dihasilkan dari kipas dapat membuat mulut, hidung, dan tenggorokan menjadi kering.

Hal ini dapat menyebabkan produksi lendir secara berlebihan yang mengakibatkan sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau bahkan mendengkur.

Meskipun kipas angin tidak secara langsung membuat sakit, hal ini dapat memperburuk gejala jika Anda sedang tidak enak badan.

2. Alergi

Kipas angin bisa mengedarkan debu di udara. Hal ini dapat memicu alergi pada beberapa orang. Baling-baling dari kipas itu sendiri juga merupakan sumber debu lain.

Jika menghirup alergen ini, Anda bisa mengalami gejala seperti pilek, tenggorokan gatal, bersin, mata berair, atau kesulitan bernapas.

3. Mata dan Kulit Kering

Udara dari kipas angin dapat membuat kulit dan mata menjadi kering. Jadi, jika Anda merupakan salah satu pengguna kipas angin, dianjurkan untuk rutin melembabkan kulit dan juga menggunakan obat tetes mata agar bisa membantu menghindari gejala-gejala ini.

4. Nyeri Otot

Angin yang dihasilkan dari kipas juga dapat menyebabkan otot tegang atau kram. Jika tidur menggunakan kipas angin, ini dapat membuat Anda bangun dengan otot yang pegal.

Cara yang dapat dilakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan mengarahkan kipas angin agar udara tidak langsung mengenai Anda.

4 manfaat positif penggunaan kipas angin saat tidur:

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur Nyenyak. (Foto: Business News Daily).

1. Sejuk

Manfaat paling nyata dari kipas angin adalah dapat membuat Anda tetap sejuk dan nyaman saat tidur. Jika terlalu merasa kepanasan di malam hari, Anda bisa merasa sulit untuk tidur.

Selain itu, jika terlalu banyak berkeringat saat tidur juga bisa menghilangkan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. White Noise

Banyak orang menyukai suara kipas angin yang menenangkan. Dengungan ini mirip dengan suara white noise dan dapat membantu Anda tertidur.

3. Pengharum Ruangan

Kipas angin dapat membantu menghilangkan udara pengap dan menyegarkan ruangan. Ini bisa membuat kamar tidur Anda tidak terlalu pengap dan mencegah bau tak sedap.

4. Pencegahan SIDS

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menyalakan kipas angin pada malam hari menurunkan risiko sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) pada bayi. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Resep dan Cara Mudah Bikin Makanan Sehat Nuget Sayur
Nuget berisikan sayur bisa menjadi salah satu rekomendasi makan untuk si kecil yang tidak begitu menyukai sayuran. Begini cara membuatnya.
Lima Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Begadang⁣
Ini penyakit yang bakal menyerang tubuh jika keseringan begadang di malam hari.
10 Makanan Bikin Mata Mudah Terpejam Tidur Jadi Pulas
Masih banyak orang sulit membuat mata terpejam hingga tertidur pulas pada waktu yang diinginkan. Coba konsumsi makanan ini ya!
0
Manfaat dan Dampak Buruk Penggunaan Kipas Angin Saat Tidur
Berikut Tagar rangkumkan empat dampak buruk dan manfaat penggunaan kipas angin saat tidur bagi tubuh.