UNTUK INDONESIA

10 Makanan Bikin Mata Mudah Terpejam Tidur Jadi Pulas

Masih banyak orang sulit membuat mata terpejam hingga tertidur pulas pada waktu yang diinginkan. Coba konsumsi makanan ini ya!
Ilustrasi kesulitan tidur. (Foto: Pexels)

Jakarta - Tidur dengan durasi waktu yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Namun, masih banyak orang sulit membuat mata terpejam hingga tertidur pulas pada waktu yang diinginkan.

Alhasil mereka menjadi tidur larut, begadang semalaman. Padahal tidur malam bisa membuat otak tetap sehat, meningkatkan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Tidur cukup juga bisa membuat individu terhidar dari stres, dan fokus dalam menjalani pekerjaan keesokan harinya. Sedangkan tidak terpenuhinya waktu tidur ideal dapat melipatgandakan risiko kanker, memengaruhi kesehatan otak dan jantung.

Susah TidurIlustrasi susah tidur atau insomnia. (Foto: Tagar/Getty Images)

National Sleep Foundation bahkan telah merekomendasikan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam per malam, tetapi masih banyak orang hanya tidur sekitar enam jam atau bahkan kurang.

Bagi Anda yang menghadapi masalah tersebut, Tagar merekomendasikan untuk mengonsumsi sejumlah makanan menjelang waktu tidur.

Apa saja makanan itu? Dikutip dari Boldsky, berikut 10 makanan yang dapat memicu Anda mengantuk sehingga bisa tertidur pulas pada waktu yang diinginkan.

1. Kiwi

Studi membuktikan bahwa efek mengantuk meningkat setelah orang mengonsumsi buah kiwi. Kiwi mengandung serotonin, yatu zat kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur Anda.

Antioksidan anti-inflamasi dalam buah kiwi, seperti vitamin C dan karotenoid, juga memiliki efek meningkatkan kualitas tidur. Makan kiwi setiap hari dapat meningkatkan substansial dalam kualitas tidur Anda serta efisiensi tidur.

kiwiBuah kiwi. (Foto: Pixabay)

2. Kacang almond

Almond mengandung magnesium yang membantu mengobati insomnia. Kacang ini adalah sumber hormon melatonin, yang dapat memberi sinyal pada tubuh Anda agarbersiap untuk tidur.

Almond juga kaya akan protein yang membantu mengatur kadar gula darah saat Anda tidur. Selain itu, almond mengandung triptofan dan magnesium dalam jumlah yang baik. Makanlah segenggam almond sebelum tidur untuk tidur malam yang nyenyak.

Kacang AlmondKacang Almond. (Foto: Pixabay/stevepb)

3. Nasi putih

Sesuai dengan penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, seseorang yang makan nasi putih untuk makan malam akan lebih cepat tertidur dibandingkan dengan jenis nasi lainnya. Ini juga meningkatkan produksi triptofan serta serotonin dalam darah, sehingga mendorong tidur.

Nasi PutihNasi putih (Foto: Ist)

4. Susu

Segelas susu yang diberikan ibu menjelang tidur memiliki manfaat tertentu. Susu membantu Anda tertidur dan mencegah gangguan tidur.

Susu mengandung asam amino triptofan yang membantu memproduksi serotonin di otak sehingga tidur menjadi pulas.

Selain itu, susu adalah cara terbaik untuk mendapatkan kalsium, yang membantu mengatur produksi melatonin. Kalsium pada susu juga bisa mengurangi stres dan menstabilkan serabut saraf di otak.

SusuSusu. (Foto: Pixabay)

5. Teh chamomile

Jumlah antioksidan yang tinggi dan nol kalori dalam teh hijau menjadikannya salah satu minuman terbaik sebelum tidur. Minum secangkir teh chamomile dapat meredakan stres dan membantu Anda tertidur lebih cepat.

Teh ini mengandung glisin, bahan kimia yang digunakan sebagai obat penenang karena meningkatkan relaksasi. Chamomile juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur.

Manfaat lain konsumsi teh chamomile secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah kerusakan saraf dan peredaran darah.

Teh chamomileTeh chamomile (Foto: Pixabay)

6. Oatmeal

Oatmeal mungkin merupakan sarapan favorit. Namun, biji-bijian yang ada dalam oatmeal dapat memicu produksi insulin. Kandungan itu dapat meningkatkan kadar gula darah dan membuat Anda merasa cepat mengantuk. Oat yang juga kaya akan melatonin bisa menenangkan tubuh dan membuat Anda cepat tertidur.

OatmealOatmeal. (Foto: Pixabay)

7. Madu

Madu kaya akan glukosa bernama orexin. Glukosa itu 'menutup' zat kimia di otak Anda yang mengaktifkan perhatian. Satu sendok makan madu sudah cukup untuk membuat Anda tidur nyenyak.

MaduIlustrasi madu. (Tagar/Pixabay)

8. Biji-bijian

Biji-bijian utuh membantu Anda tertidur lebih cepat. Makanan super ini meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan membuat Anda mudah mengantuk. Cara praktisnya adalah makan sepotong roti gandum sebelum tidur.

Biji-bijianBiji-bijian. (Foto: Pixabay)

9. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung serotonin yang dapat membantu tubuh Anda rileks. Makanlah sepotong dark chocolate chip sebelum tidur untuk membuat Anda cepat tidur.

Cokelat hitamCokelat hitam (Foto: Pixabay)

10. Produk olahan susu

Selain susu, keju atau yoghurt juga bisa memicu kantuk. Kalsium yang ada dalam produk olahan susu itu membantu otak Anda menggunakan triptofan (ada dalam keju atau yoghurt) untuk menghasilkan melatonin yang dapat membuat Anda mudah tidur. (Viona Bono Valvinka)

YoghurtIlustrasi Minuman Yoghurt. (Foto: Pixabay/Imoflow)

Berita terkait
Perut Six Pack Belum Tentu Sehat Jika Susah Tidur Malam
Perut six pack baik pada pria maupun wanita ternyata bukan jaminan bisa tidur cepat. Bisa jadi mengalami gangguan kesehatan.
6 Minuman Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Bangun Tidur
Meskipun niat ingin membanjiri tenggorokan secepat kilat, ada jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah bangun tidur.
Smartphone Dekat Kepala Saat Tidur, Waspadai Kanker dan Kebakaran
Smartphonenya sering berada di dekat kepala ketika sedang tidur? Awas kanker mengancam, bisa juga kebakaran.
0
10 Makanan Bikin Mata Mudah Terpejam Tidur Jadi Pulas
Masih banyak orang sulit membuat mata terpejam hingga tertidur pulas pada waktu yang diinginkan. Coba konsumsi makanan ini ya!