UNTUK INDONESIA

6 Tips Sehat Bagi Keluarga Pemilik Hewan Peliharaan Berbulu

Berikut Tagar rangkumkan 6 tips menjaga kesehatan keluarga bagi pemilik hewan peliharaan berbulu.
Ilustrasi keluarga pemilik hewan peliharaan berbulu, The Golden Family (Foto: Instagram/rasyenahikmayudi)

Jakarta - Bagi para pecinta hewan, biasanya sudah pasti memelihara setidaknya salah satu jenis di rumahnya. Entah itu kucing, anjing, kelinci, hamster, burung, serigala, bahkan harimau.

Hewan-hewan tersebut bergantung pada manusia untuk merawat mereka. Tak jarang, hewan-hewan itu sudah menganggap manusia yang merawatnya sebagai bagian dari keluarganya.

Namun, memiliki hewan peliharaan tidak hanya sekadar memberikan makanan setiap harinya.

Ada kondisi di mana hewan tersebut sakit seperti makhluk hidup pada umumnya. Terlebih lagi, jika kita dalam kondisi sakit, sudah pasti tidak akan bisa merawat mereka.

Lantaran itu, harus sudah dipastikan bahwa rumah kita bebas dari pathogens (mikroorganisme parasit yang menyebabkan penyakit) yang lahir dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.

Melansir informasi dari laman NBCNews, ada sejumlah tips untuk menjaga seluruh keluarga termasuk hewan yang kita pelihara agar selalu sehat dan bahagia.

Hal ini harus dimulai dari tahap pencegahan, seperti rajin-rajin periksakan kesehatan hewan peliharaan ke dokter hewan. Tentunya akan lebih baik lagi jika memiliki jadwal rutin agar kita tidak perlu menunggu sampai hewan kita sakit.

Berikut Tagar rangkumkan 6 tips menjaga kesehatan keluarga bagi pemilik hewan peliharaan berbulu:

Hewan PeliharaanIlustrasi hewan peliharaan (Foto: Tagar/Shutterstock)

1. Rajin Ganti Sprei

Jika suka berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan, maka Anda tidak boleh lalai dalam mencuci dan mengganti seprai.

Normalnya, mengganti seprai dua kali dalam sebulan bisa dilakukan jika tanpa hewan. Namun, menurut dokter dari Klinik Cleveland, hewan peliharaan adalah tempatnya organisme jamur yang dapat bersentuhan dengan kulit Anda.

Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan infeksi sederhana seperti kurap dan kudis.

2. Harus rajin grooming dan periksa telinga hewan peliharaan

Melakukan grooming pada hewan peliharaan, tidak hanya untuk mempermanis penampilan mereka. Perawatan rutin harus dilakukan untuk mencegah kotoran dan penyakit berkembang.

Selain itu, grooming harus rutin dilakukan agar bulu hewan tidak mudah kusut karena bisa menyebabkan iritasi dan dermatitis yang serius.

Kita juga harus rajin memeriksakan bagian telinganya karena infeksi bakteri dan jamur dapat terjadi jika terdapat paparan kelembaban. Maka, pastikan telinga hewan peliharaan dalam keadaan kering setelah di-grooming.

3. Perhatikan kutu

Saat musim panas, hewan peliharaan rentan terkena kutu. Jika musim panas telah berakhir, jangan langsung merasa lega dan tidak khawatir terhadap kutu yang bisa saja menyerang hewan peliharaan kita.

Bahkan, jika rumah kita suhunya cenderung hangat, kutu bisa hidup sepanjang tahun.

Menurut American Veterinary Medical Association, selain menjadi gangguan (pada hewan), kutu juga dapat menularkan penyakit ke manusia.

Maka dari itu, kita harus rajin mengonsultasikannya kepada dokter hewan tentang jalan terbaik agar bisa terbebas dari kutu.

4. Hewan peliharaan dan sofa

Jika membiarkan anak bulu menggunakan furnitur rumah seperti sofa, kita harus siap untuk menghadapi noda dan bulu-bulu yang tidak akan berakhir.

Namun, jika ingin membuat rumah khusus hewan peliharaan, kita tetap harus memperhatikan bahan yang cocok untuk furniturnya. Para ahli setuju untuk bahan daru kulit, kanvas, denim, microfiber, atau twill.

Selain itu, kita juga harus melatih hewan peliharaan untuk menghindari furnitur rumah. Hal ini diperlukan agar jika kita akan bekerja di luar, mereka akan menjauhi furnitur-furnitur dan lebih memilih kandangnya juga mainan-mainannya.

5. Perhatikan bahan untuk lantai

Memiliki hewan peliharaan di rumah juga berarti harus memilih bahan untuk lantai yang tepat. Bahan seperti karpet tidak akan cocok.

Daripada karpet sebagai alas, akan lebih baik jika menggunakan lantai dengan permukaan yang keras seperti beton, ubin, vinyl, dan laminasi.

6. Jika kita baik, mereka juga akan baik

Hal yang harus diingat, hewan peliharaan bergantung pada manusia yang merawatnya. Jika kita melatih dan mengurus mereka dengan baik, maka hewan peliharaan pun juga akan berperilaku baik.

Jadi, kita harus bisa mengetahui dan memastikan apa yang diharapkan oleh hewan peliharaan agar mereka bisa merasa aman dan terlindungi. Dengan begini, kehidupan kita dan hewan peliharaan pun menjadi damai dan bahagia. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Keluarga Joe Biden Bawa Kucing dan Anjing ke Gedung Putih
Hewan peliharaan di Gedung Putih lenyap di masa Presiden Trump, tapi keluarga Joe Biden akan hidupkan lagi kebiasaan pelihara kucing dan anjing
Viral Video Pria Berpakaian Polri Banting Anak Kucing
Kejadian itu mendadak viral di media sosial Facebook. Dalam video berdurasi 19 detik itu, pria tersebut bernama Vino S.
Presiden Turkmenistan Bikin Patung Anjing Raksasa dari Emas
Presiden Turkmenistan sepertinya bisa mewujudkan apapun mimpinya. Ia baru saja membuat patung anjing raksasa terbuat dari emas.
0
Sejarah Hari Perempuan Internasional 8 Maret
Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret, bermula tahun 1908 ketika 15.000 perempuan berdemo di New York Amerika Serikat.