Lapas di Aceh Rawan Penyeludupan Narkoba

Penyeludupan narkoba ke Lapas di Aceh tentunya bukan merupakan hal yang baru dan sudah sering terjadi.
Penjara Nerakanya Napi Kere Surganya Napi Berduit | Ilustrasi. (Foto: NDTV)

Lhokseumawe, Aceh – Sejumlah Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di Provinsi Aceh, rawan terjadinya penyeludupan narkoba dan barang-barang terlarang lainnya, sehingga sektor pengamanan harus lebih diperketat.

Koordinator Forum Pengamat Pemasyarakatan (Formatpas) Indonesia T. Sayed Azhar mengatakan, penyeludupan narkoba ke Lapas di Aceh tentunya bukan merupakan hal yang baru dan sudah sering terjadi.

“Penyeludupan narkoba ke Lembaga ermasyarakat di Aceh, tentunya sudah menjadi rahasia umum dan hampir seluruh lapas yang ada di Aceh mengalami hal tersebut. Modusnya dengan berbagai macam cara,” ujar Sayed Azhar, Kamis, 27 Agustus 2020.

Menurut hasil monitoring kami, sejak akhir tahun 2019 lalu, modus yang paling banyak dilakukan adalah dengan pura-pura mengatarkan makanan untuk napi.

Sayed menambahkan, biasanya narkoba tersebut memang sengaja di pesan oleh napi yang berada di dalam lapas dan apabila sudah berhasil diseludupkan, nantinya akan dijual kepada napi lainnya.

Modus penyeludupannya dilakukan berbagai macam cara, ada yang langsung melempar dari luar tembok lembaga permasyarakatan dan sejak akhir tahun 2019, modus yang paling banyak dilakukan adalah dengan pura-pura mengantarkan makanan.

“Menurut hasil monitoring kami, sejak akhir tahun 2019 lalu, modus yang paling banyak dilakukan adalah dengan pura-pura mengatarkan makanan untuk napi. Apabila sudah lewat, nantinya narkoba ini akan diedarkan di dalam lapas tersebut,” tutur Sayed.

Baca juga: Pemesan Bakso Jumbo Isi Sabu di Lapas Aceh Ditangkap

Tambahnya, para napi tersebut memang sudah memesan narkoba kepada jaringan-jaringannya dan kemudian untuk mengantarkan pesanan tersebut, biasanya dititipkan sama orang terdekat si napi.

“Misalkan narkoba itu diserahkan kepada istrinya si napi atau orang-orang terdekat lainnya, dengan pura-pura mengatarkan makanan dan padahal di dalam makanan itu terdapat paket narkoba,” kata Sayed. []

Baca juga:

Berita terkait
Rokok Impor Ilegal di Aceh Dipasok Melalui Laut
Rokok ilegal dipasok ke Aceh dari tiga negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand dan Vietnam.
Teror Kekerasan Perempuan dan Anak di Aceh Tamiang
Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh masih tinggi.
3,4 Juta Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan di Aceh
Dalam kurun waktu 2018 hingga 2020 sebanyak 20 juta batang rokok ilegal diamankan di Aceh.
0
DPR: Bukan Salah Pemerintah Jika Pemberangkatan Haji 2021 Batal
DPR menilai, bila tahun ini pemberangkatan jemaah haji kembali batal seperti tahun lalu, bukan menjadi kesalahan pemerintah Indonesia.