Kredit Tanpa Kartu Kredit? Ini Untung Ruginya

Banyak hal yang dapat dikreditkan tanpa menggunakan kartu kredit. Mulai dari barang elektronik , gadget bahkan sampai kendaraan bermotor.
Kartu kredit (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Kredit tanpa kartu kredit nampaknya menjadi inovasi baru pada jaman serba online. Kesannya fasilitas ini memudahkan orang memenuhi kebutuhan dan keinginan tetapi low budget. Hal ini sejalan dengan pola konsumtif dari masyarakat khususnya para millenial.

Banyak hal yang dapat dikreditkan tanpa menggunakan kartu kredit. Mulai dari barang elektronik , gadget bahkan sampai kendaraan bermotor.

Saat ini memang sudah banyak penyedia kredit tanpa kartu kredit yang dapat dipilih bebas. Kalian juga dapat dengan mudah menemukan kredit tanpa kredit dengan istilah “payletter”. Akan lebih baiknya, untuk lebih tau mengenai untung ruginya dalam memakai fasilitas kredit tanpa kartu kredit ini.

Berikut keuntungan kredit tanpa kartu kredit


1. Proses pengajuan yang secepat kilat

Kredit tanpa kartu kredit bisa menjadi jalan keluar cepat dalam memenuhi banyaknya kebutuhan. Karena biasanya proses pengajuan lebih cepat, bahkan dapat dilakukan dalam hitungan jam bahkan menit. Syarat lainnya cenderung lebih mudah dan praktis dibandingkan persyaratan yang dibutuhkan saat mengajukan kartu kredit di bank. Biasanya hanya membutuhkan Kartu Tanpa Penduduk (KTP) saja.


2. Limit yang tanpa batas

Para penyedia kredit tanpa kartu kredit, biasanya akan menawarkan kredit mereka tanpa adanya limit yang membatasi dalam menggunakanya. Biasanya juga cenderung tidak melakukan rekam jejak di Bank Indonesia mengenai jejak cicilan yang pernah dijalankan customer.


3. Promosi dan potongan harga yang ditawarkan sangat menarik.

Untuk menarik banyak orang menggunakan fasilitas penyedia kredit tanpa kartu kredit, perusahaan penyedia tidak segan untuk memberikan tawaran, promosi yang mereka jalankan bekerja sama dengan toko (merchant) yang bermitra pada perusahaan tersebut bahkan tidak jarang potongan harga yang mereka tawarkan jauh lebih besar dan terlihat menggiurkan dibanding yang ditawarkan oleh kartu kredit bank.


Kerugian kredit tanpa kartu kredit 


1. Ketentuan pembayaran uang muka (Down Payment/DP)

Ketentuan yang besarannya sekitar 10-20 persen dari barang yang dibeli, jelas lebih mahal perhitungannya. Namun, dengan membayar DP, kredit yang mesti dibayarkan setiap bulannya lebih ringan. Jika tabungannya minim, DP tersebut bisa menjadi beban untuk melakukan kredit tanpa kartu kredit tersebut.


2. Bunga yang Besar

Dari segi bunga cicilan, pengguna wajib siap menjalankan dampak besaran bunga yang jauh lebih tinggi daripada bunga yang biasa dibebankan oleh bank.

Hal ini dapat dimaklumi, karena dengan persyaratan yang terbilang mudah, membuat risiko yang ditempuh perusahaan penyedia fasilitas kredit tanpa kartu kredit ini jauh lebih besar dibandingkan bank. []

(Vidiana Lihayati)


Baca Juga :
Baca Juga :


Berita terkait
6 Tips Membayar Tagihan Kartu Kredit Untuk Para Milenial
Berikut adalah tips membayar tagihan kartu kredit agar tidak terbeban dengan utang yang menambah.
Cara Mempunyai Kartu Kredit Jika Belum Ada Penghasilan
Oleh sebab itu, kamu harus simak penjelasan berikut ini jika ingin punya kartu kredit walaupun belum mempunyai penghasilan.
Kartu Kredit Vs e-Money, Untung Mana?
Ketika menggunakan e-money, semua saldo akan dikelola oleh konsumen dan pencatatan tidak terlalu rinci.
0
Kredit Tanpa Kartu Kredit? Ini Untung Ruginya
Banyak hal yang dapat dikreditkan tanpa menggunakan kartu kredit. Mulai dari barang elektronik , gadget bahkan sampai kendaraan bermotor.