UNTUK INDONESIA
Budi Hartono, Bos Grup Djarum yang Tolak PSBB Jakarta
Pengusaha terkaya Indonesia, pemilik Grup Djarum dan BCA keberatan dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di Jakrta.
R Budi Hartono, bos Djarum, beberapa tahun terakhir Majalah Forbes menempatkan namanya sebagai orang terkaya di Indonesia. (ist)

Jakarta- Pengusaha terkaya Indonesia, pemilik Grup Djarum dan BCA, Robert Budi Hartono diketahui mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dalam suratnya ia menyatakan ketidaksetujuannya dengan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di ibu kota.

Robert Budi Hartono sudah lalang melintang di peta bisnis nasional hingga namanya masuk sebagai pengusaha terkaya di Indonesia. Ia lahir di Semarang, 28 April 1940 dengan nama asli Oei Hwie Tjhong.

Baca Juga: Anies PSBB DKI, Budi Hartono Kasih Masukan ke Jokowi 

Robert Budi Hartono merupakan anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum, Oei Wie Gwan. Kakaknya bernama Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang.

Mengutip dari wikipedia, total kekayaan Robert pada tahun 2019 yang dicatat Forbes mencapai US$ 18.6 miliar. Dengan harta sebesar itu, ia masuk dalam daftar orang terkaya ke-54 di dunia dan nomor satu di Indonesia.

Selain Djarum, Robert dan Michael adalah pemegang saham terbesar di PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Mereka berdua melalui Farindo Holding Ltd. menguasai 51% saham BCA. Selain itu, mereka juga memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektare di Kalimantan Barat sejak tahun 2008, serta sejumlah properti di antaranya pemilik Grand Indonesia dan perusahaan elektronik.

Salah satu bisnis Group Djarum di sektor ini bergerak di bawah bendera Polytron yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun. Polytron kini juga memproduksi ponsel yang sebelumnya hanya meproduksi AC, kulkas, produk video dan audio, dan dispenser. Melalui perusahaan yang baru dibuat yakni Ventures Global Digital Prima, Global Digital Niaga (Blibli.com), Hartono bersaudara juga membeli Kaskus, situs Indonesia yang paling populer.

Robert sangat menyukai olahraga bulu tangkis. Bermula dari sekadar hobi, ia kemudian mendirikan PB Djarum pada tahun 1969. Salah satu pemain bulu tangkis yang berasal dari PB Djarum adalah Liem Swie King, yang terkenal dengan julukan “King Smash”.

Robert Budi Hartono menikahi seorang wanita bernama Widowati Hartono atau lebih akrab dengan nama Giok Hartono. Pasangan ini memiliki tiga orang putra yang kesemuanya telah menyelesaikan pendidikan. Mereka adalah Victor Hartono, Martin Hartono, dan Armand Hartono.

Djarum

Berawal dari Oei Wie Gwan, orangtua Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono membeli usaha kecil dalam bidang kretek bernama Djarum Gramophon pada tahun 1951 mengubah namanya menjadi Djarum. Oei mulai memasarkan kretek dengan merek “Djarum” yang ternyata sukses di pasaran. Pada tahun 1963, pabrik perusahaan Djarum terbakar dan perusahaan sedang dalam kondisi yang tidak stabil. Oei meninggal tak lama kemudian.

Setelah Oei meninggal, Robert bersama kakaknya Michael Bambang Hartono, melanjutkan usaha tersebut. Djarum kembali bangkit dan memodernisasikan peralatan di pabriknya. 

Pada tahun 1972 Djarum mulai mengeskpor produk rokoknya ke luar negeri. Tiga tahun kemudian Djarum memasarkan Djarum Filter, merek pertamanya yang diproduksi menggunakan mesin, diikuti merek Djarum Super yang diperkenalkan pada tahun 1981.

Di tangan dua bersaudara Hartono tersebut, Djarum bertumbuh menjadi perusahaan raksasa. Djarum saat ini memiliki pangsa pasar yang besar di Amerika Serikat. 

PSBB JakartaSejumlah pekerja berjalan usai bekerja dengan latar belakang gedung perkantoran di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Pemprov DKI Jakarta akan memberikan saksi berupa mencabut perizinan kepada perusahaan yang tetap beroperasi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kecuali delapan sektor yang memang diizinkan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Di Indonesia, produksi Djarum mencapai 48 miliar batang per tahun atau 20% dari total produksi nasional. Seiring dengan pertumbuhannya, perusahaan rokok ini menjelma dari perusahaan rokok menjadi Group Bisnis yang berinvestasi di berbagai sektor antara lain perbankan, properti, agrobisnis, elektronik dan multimedia.

Pada tahun 2009, Djarum bersama dengan rokok kretek lain dilarang di Amerika Serikat. Hal ini terjadi akibat telah diluncurkannya Dos Hermanos, sebuah cerutu premium pencampuran tembakau Brasil dan Indonesia. 

PSBB

 Dalam postingan yang diunggah Peter Gontha menggunakan akun Instagram @petergontha dilihat Tagar, Minggu, 13 September 2020, terungkap bahwa Robert Budi Hartono keberatan dengan pemberlakuan PSBB total di Jakarta. 

Dalam keterangannya, Budi Hartono merasa harus menyampaikan masukan kepada Presiden Jokowi untuk kembali mempertimbangkan PSBB total di DKI mulai Senin, 14 September 2020. Dia tidak setuju dengan alasan Gubernur Anies yang menarik rem darurat PSBB transisi dikarenakan semakin besarnya kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta. 

Kemudian, kapasitas rumah sakit di DKI Jakarta akan mencapai maksimum kapasitasnya dalam jangka dekat. Budi menilai keputusan Anies dalam memberlakukan PSBB total tidak tepat dan ia sebut tidak efektif dalam menurunkan tingkat pertumbuhan infeksi virus corona di ibu kota.

Baca Juga: Soal PSBB, Anies Baswesan Harus Dengar Saran Ahli

"Di Jakarta meskipun pemerintah DKI Jakarta telah melakukan PSBB tingkat pertumbuhan infeksi tetap masih naik," tulis Budi dengan mencantumkan lampiran chart soal Covid-19. []

Berita terkait
Anies PSBB DKI, Budi Hartono Kasih Masukan ke Jokowi
Pengusaha terkaya RI, pemilik Grup Djarum dan BCA Robert Budi Hartono kirim masukan ke Presiden Jokowi terhadap PSBB DKI Gubernur Anies Baswedan.
Kisah Mujur Karyawan Djarum Dapat Rp 7,51 Triliun
Masih ingat dengan atlet bridge Asian Games 2018 bernama Bambang Hartono yang sukses menggondol medali perunggu?
PB Djarum Meramu Format yang Tepat untuk Tahun Depan
PB Djarum mengaku masih mencari format audisi atlet pada tahun 2020 kendati sebelumnya dihentikan setelah berpolemik dengan KPAI.
0
Gus Menteri Ajak Santri Perkokoh Tradisi Pesantren
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meminta seluruh santri memegang kokoh tradisi pesantren. Sebab, ini adalah budaya yang hanya ada di Indonesia.