3 Faktor Penting Agar Kolektibilitas Kredit Dipercayai Bank

Dari skor kolektibilitas, bank dapat membuat penilaian kelayakan nasabah atas pengajuan kredit yang dilakukan suatu saat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Kolektibilitas kredit adalah rekam skor yang menunjukkan kualitas individu dalam mengangsur atau melunasi cicilan kredit yang mereka miliki. Dari skor kolektibilitas, artinya bank dapat membuat penilaian kelayakan nasabah atas pengajuan kredit yang dilakukan suatu saat.

Hingga saat ini diketahui bahwa status kolektibilitas kredit menjadi aspek penting dalam perbankan. Berhubungan dengan hal tersebut, aturannya juga telah diterbitkan oleh pihak Bank Indonesia dalam Peraturan Bank Indonesia (BI) No.7/2/PBI/2005 tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum.

Tertuang dalam regulasi tersebut ada tiga faktor yang dapat dilihat sebagai acuan nilai kolektibilitas yang harus kamu tahu.


1. Prospek usaha

Dalam faktor pertama ini bank akan melihat beberapa kondisi yang akan mempengaruhi nasib usaha debitur ke depannya seperti situasi pasar, potensi perkembangan perusahaan, hingga teknik debitur menjaga lingkungan dan manajemen usaha yang baik.


2. Kinerja atau performance debitur

Sebagai pendukung faktor pertama, kinerja baik juga perlu diperhatikan oleh bank. Faktor ini setidaknya akan memperhatikan hal-hal seperti profit yang dihasilkan dan arus kas perusahaan.


3. Kemampuan bayar

Karena kolektibilitas kredit adalah komponen perbankan yang berhubungan dengan kelancaran dalam pembayaran angsuran, sudah pasti kemampuan debitur dalam membayar juga harus ditinjau. Beberapa hal yang bisa dijadikan acuan adalah transparansi informasi keuangan, kelengkapan dokumen, kesesuaian penggunaan dana, dan kepatuhan terhadap perjanjian kredit. []

(Sri Wahyuni Sitorus)


Baca Juga :


Berita terkait
Cara Kredit di Kredivo dengan Cepat dan Mudah
Sebagai catatan, transaksi tidak akan membutuhkan kode OTP jika nilai transaksi tidak lebih dari Rp200.000.
Begini Cara dan Syarat Kredit di Home Credit
Cara pengajuan Home Credit memang sangat mudah. Prosesnya juga sangat cepat, karena tidak butuh Survey terlebih dahulu.
Cara Kredit di Shopee dengan Aktifkan Shopee PayLater
Jika metode pembayaran SPayLater sudah tersedia, otomatis akun shopee kamu telah disetujui untuk menggunakan fitur SPayLater.
0
Doa Ketika Mengalami Cuaca Buruk dalam Islam
Sebagai bangsa yang beragama kita disarankan membaca doa dalam situasi apapun yang dialami baik senang maupun sedih. Ini doa saat cuaca buruk.