Kartu Kredit Vs e-Money, Untung Mana?

Ketika menggunakan e-money, semua saldo akan dikelola oleh konsumen dan pencatatan tidak terlalu rinci.
Kartu kredit vs e-money (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Perkembangan yang kian maju menimbulkan berbagai perubahan di segala aspek. Kehadiran adanya e-money rupanya sangat digandrungi karena membuat segala aktivitas transaksi berjalan dengan cepat dan mudah.

Selain dengan e-money, pembayaran juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat jika menggunakan kartu kredit. Keduanya memang berbeda, namun jika berbicara perihal keuntungan, lebih untung mana menggunakan kartu kredit atau e-money? Berikut penjelasannya.


1. Sistem Berbeda

e-money mempunyai sistem prabayar, artinya kamu harus mengisi saldomu terlebih dahulu jika ingin menggunakannya. Berbeda dengan kartu kredit di mana kamu bisa belanja sepuasnya hingga mencapai limit jumlah belanja yang telah ditetapkan.

Jika kamu gemar berbelanja, sebaiknya gunakan e-money, agar kamu tidak khilaf dalam menggunakan uangmu. Namun jika kamu butuh untuk mencicil dalam membeli barang, sebaiknya gunakan kartu kredit.


2. Sistem Pencatat Dana yang Beda

Ketika menggunakan e-money, semua saldo akan dikelola oleh konsumen dan pencatatan tidak terlalu rinci. Berbeda dengan kartu kredit yang setiap transaksinya dikelola langsung oleh pihak bank.


3. Kehilangan Kartu

Meskipun sama-sama berbahan kartu, namun ketika kehilangan kartu e-money, maka kamu tidak bisa berharap saldomu dapat dikembalikan dan akan hangus. Berbeda bila kamu menggunakan kartu kredit. Kamu masih bisa memblokirnya dengan cara menghubuni pihak bank terkait.


4. Sistem Pembayaran

Kartu kredit hanya bisa dibelanjakan berupa produk saja dan mempunyai batas minimal belanja. Namun dengan e-money, kamu bisa membayar segala keperluan harian dan bulanan seperti listrik, BPJS, dan lain-lain. E-money juga bisa digunakan untuk dibelanjakan di gerai-gerai ritel dengan harga yang murah.


5. Tidak Perlu Mendaftar Nasabah Bank Tertentu

Jika ingin menggunakan kartu kredit, pastinya kamu terdaftar sebagai nasabah bank tertentu. Proses pembuatannya pun terbilang lebih rumit. Namun e-money tidak memerlukan itu semua, kamu bisa membeli e-money di bank ataupun minimarket terdekat.[]


(Rafi Faiurz)

Baca Juga:

Berita terkait
Waspada! Jangan Coba-coba Gesek Kartu Kredit di Tempat Ini
Di balik kemudahan tersebut, penggunaan kartu debit dan kartu kredit di sembarang tempat dapat meningkatkan risiko tindak kejahatan.
Erick Buka Suara Soal Kartu Kredit yang Dibongkar Ahok
Menurut Menteri BUMN Erick Thohir bahwa sah-sah saja Ahok mengawasi kinerja direksi lantaran dirinya seorang komisaris apalagi soal kartu kredit.
Menabung dan Berinvestasi Uang, Apa Bedanya?
Menabung dan berinvestasi tetap diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan mempelajari tips membantumu mengelola uang dengan disiplin.
0
Kartu Kredit Vs e-Money, Untung Mana?
Ketika menggunakan e-money, semua saldo akan dikelola oleh konsumen dan pencatatan tidak terlalu rinci.