KPK Gelar ACFFest 2021, Ada Lomba TikTok Antikorupsi

Kompetisi ini terbuka untuk umum, pendaftaran telah dibuka sejak 1 September hingga 31 Oktober 2021.
KPK menggelar ACFF 2021. (Foto: Tagar/KPK.go.id)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2021 yang lebih beragam melalui berbagai media seperti film pendek hingga TikTok. Kompetisi ini bertujuan untuk menyebarkan semangat pesan antikorupsi. Tema ACFFest 2021 adalah Bangkit, Beraksi, Berkreasi.

Dalam acara peluncuran ACFFest 2021, Rabu, 9 September, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Wawan Wardiana mengatakan, kehadiran festival film ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk para anak muda untuk bangkit dan terus mendukung anti korupsi melalui karya dan kreativitas di tengah situasi pandemi.

“Hal ini juga sejalan dengan tujuan ACFFest yaitu mengajak anak muda untuk tetap aktif, kreatif, peduli, serta kritis dalam segala keterbatasan yang ada untuk tetap mengkampanyekan gerakan antikorupsi,”lanjut Wawan.

tahun ini KPK menambah satu program kompetisi yaitu kompetisi TikTok antikorupsi. Karena, KPK melihat antusiasme peserta ACFFest yang meningkat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir dan melihat tren konten digital yang tengah digemari anak muda.

Kompetisi ini terbuka untuk umum dan pendaftaran telah dibuka sejak 1 September hingga 31 Oktober 2021.




Kehadiran festival film ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk para anak muda untuk bangkit dan terus mendukung anti korupsi melalui karya dan kreativitas di tengah situasi pandemi.




Ada empat kategori kompetisi yang dapat diikuti peserta, yaitu Kompetisi film pendek fiksi/komedi (durasi maksimal 15 menit), Kompetisi film pendek dokumenter (durasi maksimal 15 menit, Kompetisi film pendek animasi (durasi maksimal 15 menit), dan Kompetisi TikTok Antikorupsi (durasi maksimal 3 menit).

Selain itu, KPK juga membuka kesempatan dan mengajak para pembuat film untuk mengirimkan proposal ide film yang mengangkat tema nilai anti-korupsi berdurasi 10-15 menit.

Kompetisi proposal ide cerita ACFFest 2021 dibuka sejak 1-30 September 2021. Pembuat film akan diberikan waktu untuk produksi film selama 2 bulan sejak Oktober-November 2021.

Nantinya, 10 proposal terpilih akan mendapat bantuan dana produksi sebesar Rp 30 juta, berhak mengikuti Movie Camp Online dan mendapat pendampingan teknis dari mentor professional.

Film-film yang telah selesai diproduksi dan diberikan penilaian akan diputar pada rangkaian ACFFest Screening Day dan juga malam penganugerahan ACFFest 2021 yang akan disiarkan di salah satu TV nasional, Acara ini akan digelar Desember 2021 mendatang dalam rangkaian Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). []


Baca Juga:

7 Hukuman Koruptor Mati di China Sampai Remisi di Indonesia

6 Menteri Terjerat Korupsi dari Era SBY sampai Jokowi

Mahfud MD: Korupsi Zaman Sekarang Lebih Bahaya dari Orba

Kasus Korupsi Kementerian Agama, Dana Haji sampai Jual Beli Jabatan






Berita terkait
Terlibat Korupsi Bansos, Adi Wahyono Divonis 7 Tahun Penjara
KPK menilai Adi wahyono terbukti bersalah menjadi perantara suap dalam pengadaan paket bantuan sosial (bansos) sembako penanganan Covid-19.
Opini: Korupsi Bisa Meruntuhkan Bangsa
Saya kagum pada anak muda ini namanya Ayang Utriza berani, kritis dan cermat Indonesia membutuhkan banyak anak muda sepertinya. Bagas Pujilaksono.
LIPI: Koruptor Adalah Perilaku Menyimpang Secara Agama
Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati mengatakan bahwa korupto adalah prilaku menyimpang secara agama dan lebih pantas di sebut sebagai pencuri.
0
KPK Gelar ACFFest 2021, Ada Lomba TikTok Antikorupsi
Kompetisi ini terbuka untuk umum, pendaftaran telah dibuka sejak 1 September hingga 31 Oktober 2021.