Kenali 5 Tanda Saat Tubuh Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan beberapa organ tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal.
Ilustrasi daging merah. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Penyebab umum kekurangan zat besi antara lain, asupan zat besi yang tidak memadai karena diet yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian, penyakit radang usus dan pendarahan internal.

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin yakni protein dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Jika tubuh tidak memiliki cukup hemoglobin maka jaringan dan otot tidak akan mendapatkan cukup oksigen untuk dapat bekerja secara efektif. Hal ini yang menyebabkan tubuh mengalami anemia.

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan beberapa organ tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal. Orang yang kekurangan zat besi juga akan mengalami sesak napas, kelelahan, dan konsentrasi berkurang. Berikut adalah 5 gejala saat tubuh kekurangan zat besi.


1. Kelelahan berlebih

Merasa sangat lelah adalah salah satu gejala paling umum dari kekurangan zat besi. Kelelahan ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan hemoglobin akan membuat sedikit oksigen yang mencapai jaringan dan otot sehingga membuat tubuh kehilangan energi. Hal tersebut juga membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkan lebih banyak darah ke seluruh tubuh yang dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah.


2. Pucat

Pucat di area seperti wajah dan kelopak mata bagian bawah adalah tanda umum lainnya dari kekurangan zat besi. Ini disebabkan oleh kadar hemoglobin yang sangat rendah. Hemoglobin dalam darah memberikan efek darah menjadi warna merah, sehingga jika hemoglobin yang ada pada tubuh rendah maka akan berakibat darah kurang merah. Itu sebabnya kulit bisa kehilangan warna atau kehangatannya pada orang yang kekurangan zat besi.


3. Sesak nafas

Seperti yang sudah diketahui bahwa hemoglobin berfungsi bagi sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika kekurangan zat besi maka kadar hemoglobin pada tubuh juga menjadi rendah yang berakibat pendistribusian oksigen ke seluruh tubuh akan berkurang.

Akibatnya, organ pernapasan akan bekerja lebih keras saat tubuh mencoba mendapatkan lebih banyak oksigen. Hal ini akan menyebabkan sesak nafas, selalu pastikan untuk mencukupi kebutuhan zat besi tiap harinya agar organ tubuh dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.


4. Rambut dan kulit menjadi kering dan rusak

Kulit dan rambut yang kering serta rusak juga bisa menjadi tanda kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi akan menurunkan tingkat hemoglobin dalam darah, yang berakiba kurangnya jumlah oksigen yang dapat menghambat pertumbuhan rambut serta kulit tidak terhidrasi dengan baik. Kekurangan zat besi juga sering dikaitkan dengan kerontokan rambut.


5. Jantung berdebar – debar

Detak jantung yang cepat atau biasa disebut berdebar bisa menjadi gejala lain tubuh dari kekurangan zat besi. Pada tubuh yang kekurangan zat besi akan membuat kadar hemoglobin yang lebih rendah. Hal ini membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh.

Hal tersebut membuat detak jantung tidak teratur dan berdetak sangat cepat, jika hal ini terjadi berlarut – larut dalam waktu yang lama dapat berakibat fatal yakni gagal jantung.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga







Berita terkait
7 Dampak Buruk Kelebihan Zat Besi bagi Kesehatan
Kelebihan zat besi juga merupakan penyebab utama timbulnya penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan epilepsi.
6 Kebiasaan yang Dapat Memperlambat Metabolisme Tubuh
Dilansir dari Times of India, berikut adalah 6 kebiasaan buruk yang dapat memperlambat metabolisme tubuh.
Cara Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Saat Pandemi
Sistem kekebalan yang kuat dapat melindungi tubuh dari virus dan penyakit begitu juga sebaliknya. Berikut cara menjaga sistem imun yang sehat.
0
Pengakuan Stefan Wiliam Usai Cerai dari Celine Evangelista
Stefan William nampaknya cukup terganggu dengan gosip yang menyebut dirinya main serong dengan perempuan lain.