Makanan Ini Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Anemia

Anemia, penyakit yang mengakibat penderitanya mengalami lemah maupun mudah lesu, dapat diatasi dengan beberapa makanan, misalnya sayuran hijau.
Ilustrasi - Sayur. (Foto: Tagar/Pexels/Joao Jesus)

Jakarta - Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang mengakibat penderitanya mengalami lemah maupun mudah lesu. Guna mengurangi dampak anemia, Anda bisa mengkonsumsi makanan pendukung kaya zat besi berikut ini.

Merangkum Healthline, terdapat enam jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita anemia, berikut ulasannya.


Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau, terutama hijau gelap merupakan sumber zat besi nonheme yang sangat baik membantu penderita anemia. Sayuran ini termasuk bayam, kangkung, kubis, sejenis sawi, dan dandelion hijau.

Meski mengkonsumsi sayuran hijau bagian dari diet anemia, jangan lupa konsumsi makanan mengandung vitamin C sebagai pendukung penyerapan zat besi.

Hati dan beberapa organ dalam seperti jantung, ginjal dan lidah sapi kaya akan zat besi dan folat yang dapat mendukung penderita anemia.


Daging dan Unggas

Semua jenis daging dan unggas mengandung zat besi heme, sumber terbaiknya berasal dari daging merah domba dan rusa. Sementara daging unggas dan ayam memiliki jumlah zat besi heme yang lebih rendah. Namun jangan lupa dukung konsumsi daging dengan makanan kaya vitamin C.


Makanan Laut

Makanan laut seperti kerang, kepiting, udang dan sebagian besar ikan mengandung zat besi heme yang baik. Untuk sumber terbaik, berasal dari tuna kaleng maupun segar, ikan kembung, mahi-mahi, ikan kue, salmon segar maupun kalengan.


Kacang

Kacang adalah sumber zat besi yang baik untuk vegetarian maupun pemakan daging, beberapa pilihan terbaiknya termasuk kacang merah, buncis, kedelai, kacang polong hitam, kacang pinto, kacang hitam, kacang polong, dan kacang lima.


Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Selain rasanya enak, kacang-kacangan maupun biji-bijian juga kaya akan zat besi, pilihannya termasuk biji labu, kacang mete, kacang pistasi, biji rami, kacang pinus, dan biji bunga matahari.

Sebagai pengingat, jangan padukan makanan kaya zat besi dengan makanan atau minuman yang menghalangi penyerapan zat besi, ini termasuk kopi atau teh, telur, makanan tinggi oksalat, dan makanan tinggi kalsium. Sebaiknya padukan makanan zat besi dengan makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, tomat, atau stoberi yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi. []


Baca juga


Berita terkait
7 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Buah manis dengan warna daging oranye ini ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita loh. Mau tau apa saja?
7 Manfaat Salmon Ovary Peptide bagi Kesehatan
Salmon ovary peptide merupakan bahan pendukung suplemen yang terbuat dari ekstrak membran telur ikan salmon yang memiliki sejumlah manfaat.
7 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan
Virgin coconut oil memiliki bahan alami terbuat dari ekstrak minyak kelapa mengandung 100 % lemak yang mampu meningkatkan jumlah kolestrol.
0
Makanan Ini Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Anemia
Anemia, penyakit yang mengakibat penderitanya mengalami lemah maupun mudah lesu, dapat diatasi dengan beberapa makanan, misalnya sayuran hijau.