Cara Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Sistem kekebalan yang kuat dapat melindungi tubuh dari virus dan penyakit begitu juga sebaliknya. Berikut cara menjaga sistem imun yang sehat.
Ilustrasi - Meningkatkan sistem imunitas. (Foto: Tagar/Istockphoto)

Jakarta - Sistem kekebalan yang kuat dapat melindungi tubuh dari virus dan penyakit, sedangkan sistem daya tahan tubuh yang lemah membuat rentan terserang pilek atau lebih parah.

Terlebih lagi saat ini pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda akan usai dan kita sudah harus beradaptasi melakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap memerhatikan kesehatan. Selain menerapkan protokol pencegahan, penting juga untuk meningkatkan imunitas tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit.

Gaya hidup sehat merupakan cara terbaik untuk meningkatkan sistem imun. Ada baiknya Anda selalu memperhatikan sistem imun setiap hari. Berikut cara menjaga sistem imun yang sehat dan kuat melalui aktivitas sehari-hari. Jika kita merasa imunitas menurun, selalu ingat Anda dapat berkonsultasi pada dokter.

Beristirahat yang cukup, salah satu penyebab menurunnya imunitas tubuh adalah kurangnya jam tidur. Sehingga untuk mengatasinya pastikan untuk memilih kuantitas dan kualitas tidur yang cukup. 

Idealnya orang dewasa membutuhkan tidur selama 7 sampai 8 jam perhari. Sedangkan remaja membutuhkan 9 sampai 10 jam tidur per hari.

Mengonsumsi makanan secara seimbang, termasuk buah dan sayur segar yang banyak. Pola makan sehat akan memberikan berbagai vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan daya tahan tubuh untuk berfungsi normal.

Ketika kita ragu karena merasa tidak mendapat cukup asupan vitamin dan mineral dari makanan, pertimbangkan untuk menambah asupannya dari suplemen yang mengandung Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc yang dapat membantu memperkuat sistem imunitas tubuh yang lemah.

Rutin berolahraga, kebiasaan ini akan membantu mengurangi stres yang berdampak negatif pada imunitas dan meningkatkan sirkulasi darah, serta mendorong sel darah putih untuk mencapai setiap sel yang terserang penyakit.

Menghindari stres berlebihan, stres yang berlebihan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. 

Sebab hal inilah jika Anda tidak dapat mengelola stress dalam jangka panjang, tidak mengherankan kalau nantinya Anda akan mudah terserang penyakit atau terjangkit virus berbahaya.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
5 Manfaat Berhubungan Intim Bagi Kesehatan
Pasangan suami istri yang sering melakukan hubungan intim diyakini memiliki hubungan lebih harmonis.
Manfaat Klorofil untuk Kesehatan tubuh
klorofil juga bermanfaat untuk kesehatan tuuh dan kulit
6 Manfaat Menggunakan Masker Tidur untuk Kesehatan
Penutup mata atau masker tidur bisa meningkatkan kualitas tidur, ini adalah solusi sederhana untuk tidur tanpa gangguan.
0
Cara Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Saat Pandemi
Sistem kekebalan yang kuat dapat melindungi tubuh dari virus dan penyakit begitu juga sebaliknya. Berikut cara menjaga sistem imun yang sehat.