UNTUK INDONESIA
Kapal Pengangkut Bawang di Pangkep Tenggelam
Kapal pengangkut bawang asal Bima NTT tenggelam di perairan Pangkep Sulawesi Selatan. Begini kondisi ABK kapal tersebut
Suasana pencarian tenggelamnya KM Rahmat. (Foto: Tagar/Aan/Ist)

Pangkep - KM Rahmat yang bermuatan bawang merah, kacang tanah, dan garam dilaporkan tenggelam di perairan Liukang Tangayya, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Sabtu 14 September 2019. Tiga anak buah kapal (ABK) juga sempat dikabarkan menghilang, akhirnya ditemukan oleh nelayan pencari ikan, Minggu 15 September 2019.

“Ketiga ABK itu yakni Hasbudi, Ashar, dan Hasanuddin. Saat ditemukan oleh nelayan satu orang bernama Hasbudi masih lemas dua orang lainya sehat," kata Kapolsek Liukang Tangayya, AKP Supriyadi.

Ketiga korban saat ini lanjut Supriyadi, berada di rumah Kepala Dusun Pulau Lilikang, Nurhadi, Desa Sabalana, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkep. "Menunggu keluarga dari Bima yang berencana menjemput," ucapnya.

"Dengan informasi tersebut tim SAR dengan kapal Basarnas Antasena kembali ke dermaga Pelabuhan Paotere Makassar dalam keadaan aman," tutur Supriyadi.

Kronologi Tenggelamnya Kapal

Kamis, 12 September 2019. Malam itu, sekitar pukul 20.00 Wita. KM Berkat Rahmad dengan kapasitas 132 GT, bermuatan bawang merah, kacang tanah, dan garam, bertolak meninggalkan Pelabuhan Bima, NTB. Tujuannya, Pelabuhan Paotere, Makassar.

Jumat, 13 September 2019. Posisi kapal sudah di perairan Liukang Tangayya pada pukul 21.00 Wita. Tepatnya di sebelah timur Pulau Lilikang. Tiba-tiba lambung kapal bocor.

Pelan namun pasti, kapal berangsur tenggelam. Tujuh ABK kemudian terjun dan mencari pertolongan.

Berdasarkan laporan warga Desa Sabalana, Pulau Lilikang Kecamatan Liukang Tangayya, empat orang berhasil diselamatkan perahu nelayan. Mereka adalah Askar, Haeruddin, Agus dan Aswin. []

Baca juga:

Berita terkait
Enam Hari Operasi, Polres Pangkep Tindak 409 Pengendara
Sejak pelaksanaan operasi patuh 29 Agustus 2019 lalu Polres Pangkep telah menilang 409 pengendara
Polres Pangkep Lumpuhkan Pelaku Pencuri Motor
Polisi Resor Pangkep meringkus Fajar Asamara usia 29 tahun, pelaku pencurian kendaraan bermotor yang meresahkan warga Pangkep
Hari Jadi Polwan, Polres Pangkep Gelar Pasar Murah
Polisi Resor Pangkep melangsungkan kegiatan pasar murah yang dilaksanakan di depan tugu Bambu Runcing, Sabtu 31 Agustus 2019
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.