Jangan Sepelekan! Kenali Penyebab Rasa Nyeri di Dada

Rasa nyeri di dada kerap dirasakan oleh sebagian besar orang terlebih diusia yang tidak muda lagi. Ternyata ini penyebabnya.
Ilustrasi - Seseorang mengalami sakit di dada. (Foto: Tagar/freepik.com/freepik)

Jakarta – Rasa nyeri di dada kerap dirasakan oleh sebagian besar orang terlebih diusia yang tidak muda lagi. Lantas taukah kamu rasa nyeri di dada ternyata bisa disebabkan oleh berbagai hal jika dibiarkan bisa sangat berbahaya untuk kesehatan.

Seperti yang kita ketahui jika di dalam dada terdapat banyak organ vital yang membantu kita agar bisa tetap hidup. Jika salah satu organ vital yang ada didalam tubuh itu terganggu akan membuat kesehatan kalian terganggu dan yang terparah menyebabkan kematian.

Rasa nyeri atau sakit yang terasa di dada merupakan salah satu indikasi jika organ dalam anda sedang mengalami masalah atau gangguan dalam kerjanya. Jika kalian merasakan hal ini kalian haruslah berhati-hati dan segera memeriksakannya ke dokter sebelum berakibat fatal. Oleh karena itu berikut adalah beberapa penyebab rasa nyeri yang kalian rasakan dikutip dari beberapa sumber website kesehatan.


1. Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital yang bertugas untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh. Jika kalian merasakan nyeri di dada sebelah kiri hal ini merupakan suatu indikasi gejala khas dari berbagai penyakit jantung.

Rasa nyeri ini merupakan indikasi penyakit jantung seperti serangan jantung, angina, perikarditis, hingga diseksi aorta. Gejala lain jika jantung mengalami kelainan atau gangguan adalah sesak napas atau pingsan.


2. Masalah Pencernaan

Rasa nyeri di dada juga bisa menjadi penanda jika tubuh anda sedang mengalami masalah pencernaan. Seperti yang diketahui jika saluran pernapasan juga melintasi area dada sebelum akhirnya diserap oleh berbagai organ di perut.

Nyeri di dada bisa jadi indikasi jika kalian mengalami penyakit GERD (asam lambung naik), Disfagia (kesulitan menelan), atau masalah pada pankreas atau kantung empedu. Gejala sakit di dada juga bisa berarti heartburn, yang membedakan penyakit ini dan serangan jantung merupakan letak sakitnya karena heartburn terasa di tengah-tengah dada.


3. Masalah Tulang dan Otot

Nyeri di dada ternyata juga bisa menjadi indikasi jika tulang dan oto kalian mengalami masalah loh. Seperti yang kita ketahui jika tulang dan otot berfungsi sebagai struktur penguat untuk organ-organ vital dalam tubuh.

Rasa nyeri di dada bisa saja mengindikasikan jika tulang dan otot kalian mengalami masalah Fibromyalgia (nyeri kronis pada otot), Miokarditis (radang otot jantung), dan Kostokondritis (peradangan tulang rawan). Selain itu masih terdapat beberapa masalah tulang dan otot lainnya yang memberikan indikasi lewat rasa nyeri di dada.


4. Masalah Paru-paru

Paru-paru merupakan organ vital tubuh yang berfungsi sebagai penyaring dan pemompa udara yang ada di dalam tubuh. Karena memiliki tugas yang cukup berat, rasa nyeri di dada bisa merupakan indikasi terjadinya masalah di paru-paru.

Nyeri ini bisa menjadi indikasi paru-paru kalian mengalami Emboli paru(gumpalan darah), kolaps (mengempis), pleuritis (peradangan selaput paru), hipertensi paru. Selain itu juga terdapat masalah paru-paru lain yang mungkin kalian alami jika merasakan nyeri di dada ini.


5. Masalah Kesehatan Lain

Bukan hanya faktor dari masalah yang terjadi pada organ vital yang membuat rasa nyeri di dada saja. Faktor perasaan dan masalah lainnya juga bisa membuat dada anda terasa nyeri atau sakit.

Perasaan takut atau senang yang teramat bisa membuat dada anda merasakan sakit diikuti nafas cepat, mual, dan pusing. Selain itu faktor penyakit lain juga bisa menyebabkan dada terasa sakit seperti Herpes zoster atau cacar api.

Melihat banyaknya kemungkinan masalah yang bisa terjadi dari indikasi rasa nyeri di dada ini, sebaiknya kalian langsung saja pergi ke dokter jika mengalami rasa nyeri atau sakit di dada. Selanjutnya dokter akan menyarankan pemeriksaan yang sesuai dengan gejala anda tersebut untuk mendapatkan hasil yang akurat.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Mengapa Terlalu Lama Duduk Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan
tahukah anda jika terlalu lama duduk dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh?
Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan pada Usia Muda
Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan dan perawatan para nasabahnya saat terjadi kecelakaan.
5 Tanaman Hias Rumah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh
Tahukah Anda bahwa tanaman hias yang dikoleksi di rumah anda ternyata memiliki dampak kesehatan bagi penghuni rumah?
0
Jangan Sepelekan! Kenali Penyebab Rasa Nyeri di Dada
Rasa nyeri di dada kerap dirasakan oleh sebagian besar orang terlebih diusia yang tidak muda lagi. Ternyata ini penyebabnya.