Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat lari itu sendiri adalah menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan. Berikut selengkapnya.
Ilustrasi - Orang yang sedang lari di sore hari (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Biasanya berolahraga jogging atau lari dilakukan pada pagi hari. Namun, banyak juga yang melakukan olahraga lari atau jogging pada sore hari. Lari pagi dan lari sore sama-sama mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat lari itu sendiri adalah menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan.

Selain itu, lari juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit tertentu. Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa berlari pada waktu tertentu memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik dibandingkan pada waktu lainnya. Ini dia, manfaat dalam melakukan lari di sore hari.


1. Membakar kalori makan siang

Makan siang pada umumnya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, apalagi untuk mereka yang telah melakukan aktifitas dari pagi hari. 

Hal ini dapat membuat seseorang menyantap makan siang dengan jumlah yang tidak sedikit. Sehingga terjadinya kalori makan siang yang berlebihan. Maka dari itu, lari di sore hari menjadi salah satu manfaat sebagai pembakar kalori makan siang.


2. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang melakukan lari di sore hari cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dan lebih lama pada malam harinya. Untuk para insomnia, ini merupakan salah satu manfaat jika ingin memperbaiki jam tidurnya.


3. Meningkatkan performa dalam berolahraga

Suatu penelitian menemukan bahwa performa tubuh akan meningkat sekitar pada pukul 2-6 petang. Pada waktu tersebut, fungsi tubuh termasuk fungsi otot, berada dalam level yang optimal. Pada sore hari penyerapan oksigen dalam tubuh juga menjadi lebih tinggi.

Dengan meningkatnya kemampuan tubuh dalam menyerap oksigen, tubuh menjadi lebih efektif dalam menggunakan energi dan olahraga yang dilakukan bisa menjadi lebih optimal.


4. Membantu melepas stres

Salah satu cara membantu melepas stres adalah dengan berolahraga, termasuk lari. Hal itu diketahui dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati. Berlari pada sore hari bisa dimanfaatkan untuk melepas stres dan ketegangan dalam seharian.

Selain manfaat-manfaat di atas, lari pada sore hari tidak perlu bersusah payah untuk bangun pada pagi hari dan pergi berolahraga. Jadi, bisa lebih santai dan menikmati waktu berolahraga.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
Ragam Manfaat Mentimun bagi Kesehatan
Timun memiliki rasa yang renyah, mentimun memang cocok dijadikan sebagai makanan pelengkap yang memberi sensasi segar.
5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan
Buah mangga akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, folat, dan zinc.
Manfaat dan Risiko Konsumsi Telur Mentah Bagi Kesehatan
Telur adalah pilihan yang baik sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang. Berikut manfaat dan resiko konsumsi telur mentah bagi kesehatan.
0
Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat lari itu sendiri adalah menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan. Berikut selengkapnya.