5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Rumah ini dituding merupakan hasil dari korupsi endemik selama bertahun-tahun.
Ilustrasi proyek KCJB. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Susu kedelai memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan susu sapi, tapi manfaat kesehatannya tak kalah banyak dengan susu sapi. Susu kedelai juga dapat menjadi pilihan alternatif bagi para penikmat susu yang alergi susu sapi.

Biji kedelai secara alami kaya akan protein, serat, vitamin dan mineral. Ini merupakan sumber gizi dari susu kedelai. Nutrisi ini memberikan energi dan menjaga fungsi tubuh Anda pada tingkat optimal.

Rutin mengkonsumsi susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol, risiko obesitas, bahkan kanker. Selain itu, wanita yang mengkonsumsi susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

Berikut penjelasan lengkap mengenai 5 manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari minum susu kedelai.


1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit lain yang berhubungan dengan usia dan hormon. Dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh Anda. Untuk manfaat maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.


2. Dapat membantu penurunan berat badan

Susu kedelai secara alami lebih rendah kandungan gulanya dibandingkan susu biasa. Selain itu, asam lemak tak jenuh dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan lemak di usus Anda, yang merupakan keuntungan besar lainnya untuk menurunkan berat badan. Minum susu kedelai juga memberi Anda rasa kenyang lebih lama.


3. Kesehatan jantung menjadi lebih baik

Susu kedelai kaya akan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh yang bersama-sama meningkatkan kesehatan jantung menjadi lebih baik. Salah satu kandungan yang ada di susu kedelai adalah isoflon yang membuat peredaran darah jantung menjadi lancar.


4. Membantu menurunkan tekanan darah

Dilansir dari Hallo Sehat beberapa penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi untuk menurukan tekanan darah. Didapatkan bahwa susu kedelai bisa membantu menurunkan tekanan darah lebih baik dari susu sapi. Oleh karena itu orang yang mengidap hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai secara rutin.


5. Mengobati Anemia

Susu kedelai kaya akan kadar zat besinya. Secangkir susu kedelai mengandung sekitar 8% zat besi, Hal ini menjadikannya salah satu susu olahan nabati terbaik untuk mengobati anemia. Kehilangan kadar zat besi dapat menyebabkan suplai oksigen yang buruk dalam tubuh. Dengan memompa zat besi, jumlah sel darah merah meningkat, hal ini tentunya membantu penderita anemia dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai.


(Fauzi Maulana Rizqi)



Baca Juga:

5 Cara Terbaik Makan Oat untuk Sarapan

Benarkah Susu Beruang Bisa Cegah dan Sembuhkan Covid-19?

 Kenapa Susu Babi Tidak Biasa Dikonsumsi Manusia?

Lima Khasiat Oatmeal untuk Mempercantik Wajah


Berita terkait
7 Manfaat Susu Kambing, Salah Satunya Mengobati Anemia
Susu kambing mengandung 25 persen lebih banyak vitamin B6, 47 persen lebih banyak vitamin A dan 13 persen lebih banyak kalsium daripada susu sapi.
Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Susu Oat
Susu oat bebas dari alergen yang ditemukan pada susu jenis lain yang membuatnya lebih unik.
4 Cara Memilih Susu untuk Penderita TB
Pasien TB (tuberkulosis) harus mengonsumsi makanan sehat bergizi, seperti susu. Berikut beberapa cara dalam memilih susu.
0
5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh
Rumah ini dituding merupakan hasil dari korupsi endemik selama bertahun-tahun.