Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan pada Usia Muda

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan dan perawatan para nasabahnya saat terjadi kecelakaan.
Ilustrasi – asuransi kesehatan. (Foto: Tagar/Pexels/Olya Kobruseva)

Jakarta – Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan dan perawatan para nasabahnya saat terjadi kecelakaan atau sakit. Jenis asuransi ini sangat penting, mengingat tidak ada satu orang pun yang tahu kapan mereka akan jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Asuransi kesehatan tidak hanya penting untuk dimiliki setiap masyarakat lanjut usia, namun juga bagi anak muda atau kaum milenial. 

Meskipun begitu, masih banyak kaum muda yang enggan melakukan asuransi dini karena menganggap dirinya masih belum memiliki banyak uang, tanggungan, menikah, dan masih meniti karir,

Kesadaran generasi muda Indonesia untuk mendaftar asuransi kesehatan cukup rendah, meski telah banyak informasi asuransi yang beredar dan berkembang saat ini. Menjadi jaminan yang memberikan keuntungan lebih bagi para nasabahnya, berikut 5 alasan pentingnya memiliki asuransi kesehatan di usia muda.


1. Memproteksi keuangan

Sakit itu mahal, terlebih jika Anda terkena suatu penyakit atau mengalami kecelakaan yang mengharuskanmu untuk segera berobat ke dokter. Oleh karena itu, mendaftar asuransi kesehatan merupakan pilihan yang tepat untuk menjamin tanggungan biaya rumah sakit yang harus dibayar.

Asuransi kesehatan dapat memproteksi laju keuangan dan dana darurat Anda agar tetap stabil, mengingat biaya yang harus dikeluarkan saat berada di rumah sakit tentu tidak murah dan bisa mempengaruhi tabungan lain yang Anda miliki.


2. Tidak mengganggu rencana keuangan lain

Setiap orang umumnya akan mulai menyusun rencana keuangannya setelah ia memiliki penghasilan. Rencana tersebut dapat berbentuk pengumpulan dana untuk investasi saham, reksa dana, dana pensiun, membeli rumah dan lain-lain.

Sebab asuransi kesehatan hadir untuk meringankan beban nasabah dalam menghadapi biaya rumah sakit, maka rencana keuangan Anda berisiko lebih kecil mengalami gangguan. 

Asuransi kesehatan ini dapat meminimalisir risiko finansial yang muncul akibat kondisi yang tak terduga, sehingga seluruh rencana keuangan yang telah Anda atur dapat berjalan dengan lancar.


3. Premi murah

Keuntungan lain yang bisa dimiliki jika mendaftar asuransi kesehatan adalah biaya premi yang lebih murah dibanding nasabah yang telah menginjak usia lanjut. 

Hal ini dikarenakan, kaum muda memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik dan memiliki risiko terkena penyakit yang jauh lebih rendah dibanding calon nasabah yang baru mengajukan asuransi kesehatan di usia 40-50 tahun.


4. Peluang diterima lebih besar

Mengajukan asuransi kesehatan sejak usia belia memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima, terlebih jika calon nasabah berada dalam kondisi sehat dan tanpa penyakit penyerta.

Berbeda halnya jika Anda baru melakukan pengajuan di usia 40-50 tahun. Perusahaan asuransi umumnya akan melakukan proses screening yang lebih ketat karena direntang usia tersebut, calon nasabah berisiko lebih besar terkena penyakit.


5. Membantu plafon asuransi di kantor

Umumnya, kantor-kantor akan menjamin para karyawannya dengan memberi asuransi. Meskipun demikian, tidak semua asuransi yang dijamin oleh kantor dapat menanggung seluruh biaya saat terjadi risiko kecelakaan atau sakit.

Supaya Anda mendapat perawatan dan pelayanan yang maksimal di rumah sakit, daftarkan juga diri Anda dalam asuransi kesehatan pribadi untuk membantu plafon asuransi yang ada di kantor.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Begini Cara Mengklaim Asuransi Jiwa
Setiap perusahaan asuransi mempunyai cara klaim yang berbeda dan juga disesuaikan berdasarkan jenis proteksinya.
Ketahui Risiko Asuransi Unit Link dan Cara Mengatasinya
Jenis asuransi ini memberikan manfaat perlindungan asuransi kematian dan investasi sekaligus.
Masih Bingung? Begini Cara Klaim Asuransi Kesehatan
Jika kamu terjangkit penyakit yang dimana harus berobat ke rumah sakit baik rawat inap atau rawat jalan, kamu dapat meng-klaim asuransimu loh.
0
Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan pada Usia Muda
Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan dan perawatan para nasabahnya saat terjadi kecelakaan.