5 Manfaat Kesehatan yang Didapatkan Setelah Berhenti Merokok

Merokok menyebabkan kanker paru-paru, COPD, CHD, dan berkontribusi signifikan terhadap kematian.
Ilustrasi berhenti merokok. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Merokok adalah penyebab utama kematian dan kesakitan yang sebenarnya dapat dicegah.

Merokok menyebabkan kanker paru-paru, COPD, CHD, dan berkontribusi signifikan terhadap kematian atau berakibat kondisi lain seperti stroke.

Berhenti merokok mungkin akan sulit bagi sebagian orang karena kondisi yang belum biasa ini menimbulkan beberapa efek, bisa termasuk lekas marah, sakit kepala, dan mengidam nikotin yang intens. Meskipun berhenti bisa menjadi suatu tantangan, tetapi memiliki manfaatnya bagi kesehatan. Dilansir dari Notes Read, berikut 5 manfaat berhenti merokok.


1. Meningkatkan indera perasa dan penciuman

Salah satu bahaya merokok adalah dapat merusak ujung saraf di hidung dan mulut, sehingga fungsi indera perasa dan penciuman Anda terganggu. Namun setelah berhenti merokok, ujung saraf tersebut akan tumbuh kembali sehingga indera perasa dan penciuman Anda akan pulih kembali. Rasa makanan dan minuman juga akan lebih meningkat.


2. Memperbaiki sistem pernapasan

Merokok dapat menghambat asupan oksigen ke seluruh tubuh. Itu sebabnya, perokok sering kekurangan energi untuk melakukan aktivitas. Salah satu manfaat berhenti merokok adalah meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, serta memperbaiki sistem pernapasan. Manfaatnya, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas.


3. Menjaga kesehatan mulut

Salah satu bahaya merokok adalah merusak gusi dan gigi. Rokok ini dapat membuat gigi menjadi kuning, bau yang tidak sedap, dan meningkatkan risiko infeksi mulut. Berhenti merokok dalam 1 minggu akan memberikan manfaat yang signifikan bagi mulut dan menjaga kesehatannya.


4. Mencegah kanker

Berhenti merokok selama bertahun-tahun dapat mengurangi risiko kanker. Berikut ini adalah beberapa jenis kanker yang dapat dihindari setelah Anda berhenti merokok: Kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker pankreas, dan kanker kerongkongan.


5. Meningkatkan gairah seksual

Salah satu efek samping dari merokok adalah meningkatkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan disfungsi seksual pada wanita. Merokok sebenarnya memiliki risiko mengurangi frekuensi orgasme saat berhubungan seks. Manfaat berhenti merokok tentu dibutuhkan bagi pasangan suami istri yang ingin meningkatkan kemesraan di ranjang.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga








Berita terkait
Alasan Berat Badan Naik Setelah Berhenti Merokok
Berhenti merokok merupakan hal yang bagus bagi kesehatan tubuh, terlepas dari efek samping yang diberikan.
Selain Berbahaya, Inilah Kerugian Menyetir Sambil Merokok
Hindari merokok di dalam mobil dan jaga kondisi kabin agar selalu bersih dan rapi sehingga nyaman saat digunakan
Efektif Vape Nikotin atau Permen Karet untuk Berhenti Merokok?
Tinjauan penelitian terbaru mengungkapkan vape (rokok elektrik) atau mengunyah permen karet lebih efektif berhenti merokok.
0
5 Manfaat Kesehatan yang Didapatkan Setelah Berhenti Merokok
Merokok menyebabkan kanker paru-paru, COPD, CHD, dan berkontribusi signifikan terhadap kematian.