UNTUK INDONESIA
Intip Tempat Tidur Semasa Kecil BJ Habibie
Begini kamar semasa kecil mantan Presiden ke tiga BJ Habibie di kota kelahirannya Parepare Sulawesi Selatan.
Tempat tidur masa kecil BJ Habibie di kota Parepare Sulawesi Selatan. (Foto: Tagar/Irsal Masudi)

Parepare - Rumah berwarna putih kombinasi biru dengan ukuran sekitar 8 X 10 meter persegi yang berada di Jalan Bau Masepe Nomor 5 Parepare, di rumah tersebut Mantan Presiden RI ke tiga, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie menghabiskan masa balitanya.

BJ Habibie dilahirkan pada  25 Juni 1936 lalu di Kota Parepare, Sulawesi Selatan dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan Tuti Marini. Saat proses melahirkan Habibie di rumah,  ibu tercinta dibantu oleh sanro, sebutan suku Bugis untuk bidan.

Tagar menyusuri rumah kediaman BJ Habibie itu, setelah melewati pintu utama rumah terdapat ruang tamu yang di isi beberapa kursi panjang berwarna merah. Di ruang tamu itu juga terdapat sebuah foto BJ Habibie berdampingan dengan seorang anak kecil laki-laki.

Lepas dari ruang tamu terdapat sebuah lorong yang menuju ke bagian belakang rumah. Lorong itu terdapat sebuah  kamar sebelah kanan.

"Ini kamar BJ Habibie waktu masuk h kecil," tunjuk pemilik rumah, Rio Usman Balo, Rabu 11 September 2019.

Didalam kamar itu, tiga buah lemari yang terbuat dari kayu dan sebuah tempat tidur atau ranjang. Luas kamar tersebut sekitar 4 X 4 meter persegi. Ranjangnya pun berbentuk persegi panjang disertai dengan kelambu berwarna putih.

Ranjang ini pernah ditempati Mantan Presiden kita (BJ Habibie). Termasuk juga lemari, juga miliknya.

Dalam kamar itu pula, terpajang beberapa foto berwarna yang menunjukkan Habibie. Saat Tagar meminta untuk diceritakan kisah kecil BJ "Rudy" Habibie, ia mengaku tidak banyak tau tentang kehidupannya.

"Saya tidak terlalu tau, saya tidak berani menceritakannya, takut salah," tambahnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Kejari Parepare Musnahkan Barang Bukti Pidana Umum
Kejari Parepare bersama kepolisian memusnahkan barang bukti berupa sabu detonator dan handphone hasil kejahatan di halaman kantor Kejari
DPRD Parepare Soroti Kinerja PT Pelni
DPRD Parepare menyoroti kebijakan PT Pelni yang tetap memberangkatkan penumpang tanpa jaminan asuransi.
Anggota DPRD Parepare Paling Cantik
Apriyani Jamaluddin, Perempuan berusia 37 tahun untuk kedua kalinya terpilih sebagai anggota (DPRD) Kota Parepare, selain pintar dia juga cantik.
0
Kabut Asap Kebakaran Hutan Mulai Mengepung Aceh
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Pulau Sumatera mulai meluas ke Banda Aceh. Diharapkan masyarakat memakai masker.