Pria di Parepare Curi Uang Panai Rp 80 Juta Lalu Kabur ke Bone

Seorang pria di Parepare membobol Ruko dan menggasak uang panai (mahar) Rp 80 juta lalu kabur ke Kabupaten Bone.
Pelaku saat ditangkap di Kabupaten Bone Sulsel. (Foto: Tagar/Polisi)

Parepare - Pelaku pembobolan Rumah Toko (Ruko) di Kota Parepare, Sulsel, Sugianto alias Anto, 28 tahun, ditangkap Polisi gabungan di Jalan Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Bone. Polisi sebut, Sugianto mencuri uang panai atau mahar pernikahan sebanyak Rp 80 juta dan perhiasan emas.

"Pelaku ditangkap di Bone. Karena setelah membobol toko Talib di Kota Parepare, setelah itu dia langsung melarikan diri," kata Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Sulawesi Selatan, Kompol Supriyanto, Selasa 9 Februari 2021.

Uang dan emas yang dicuri pelaku adalah uang panai. Karena kebetulan anak korban mau menikah.

Di hadapan petugas, pelaku mengakui telah membobol toko di Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulsel, pada Selasa 26 Januari 2021 lalu, dengan cara naik ke lantai dua menggunakan tangga dan merusak grandel atau kunci pintu dari belakang.

UangSisa uang yang dicuri pelaku. (Foto: Tagar/Ist)

Kemudian, dia masuk ke dalam Ruko dan membuka laci kasir yang kebetulan tidak terkunci lalu mengambil uang Rp 80 juta dan dompet kecil yang berisi jarum pentul emas 22, seberat 10 gram dan surat-surat penting lainnya.

"Uang dan emas yang dicuri pelaku adalah uang panai. Karena kebetulan anak korban mau menikah," tambahnya.

Dilanjutkanya, setelah berhasil menggasak barang korban, pelaku langsung melarikan diri ke Kabupaten Bone, dan membagi-bagikan uang hasil kejahatanya ke istri dan orang tuanya.

"Hasil dari curian tersebut ia bagi-bagikan kepada istri, orang tua, keluarga, teman dan orang-orang dekatnya," jelasnya.

Dari catatan kriminal, Sugianto merupakan residivis pelaku pencuriannya. Atas perbuatannya, Sugianto kini diamankan di Mapolres Parepare untuk proses hukum lebih lanjut. []

Berita terkait
Demi Paket Internet Anak, Ibu Mencuri Tabung Gas di Sleman
Seorang ibu mencuri tabung gas dengan dalih untuk membelikan paket internet belajar si anak di Sleman, Yogyakarta.
Mencuri 18 Kali, Geng Remaja di Banda Aceh Ditangkap Polisi
Polisi meringkus sekelompok remaja yang menamakan diri Preman Pensiun atas dugaan pencurian dan narkoba di wilayah Polresta Banda Aceh.
Baru Bebas Penjara, Residivis di Aceh Ketahuan Mencuri Lagi
Polisi kembali menangkap seorang pria residivis atas kasus pencurian di tiga lokasi yang berbeda di Banda Aceh.
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).