Harga Emas di Aceh Barat Rp 2,8 Juta per Mayam

Sejak sepekan terakhir harga jual perhiasan emas murni kadar 97 persen mengalami penurunan di Aceh Barat, Aceh.
Salah satu toko yang menjual emas di Pasar Aceh, Kota Banda Aceh, Selasa, 28 Juli 2020. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Aceh Barat - Harga jual perhiasan emas murni kadar 97 persen di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh sejak sepekan terakhir mengalami penurunan di kisaran harga jual Rp 2,85 juta per mayam (3,3 gram) atau sekitar Rp 845 ribu per gram.

Mayam merupakan takaran emas yang berlaku di masyarakat Aceh. Jika dikonversikan dengan gram maka satu Mayam diperkirakan bernilai sekitar 3,33 gram.

Turunnya harga jual perhiasan emas ini menyebabkan meningkatnya daya beli di kalangan masyarakat Aceh.

Pada pekan lalu, harga perhiasan di daerah ini dijual seharga Rp 2,88 juta hingga Rp 2,89 juta per mayam atau sekitar Rp 870 ribu per gram.

“Turunnya harga jual perhiasan emas ini menyebabkan meningkatnya daya beli di kalangan masyarakat Aceh,” kata Rusdi seorang pedagang perhiasan emas di Meulaboh, dilansir Antara, Kamis, 28 Januari 2021.

Menurutnya, harga jual sebesar Rp 2,85 juta per mayam tersebut sudah termasuk dengan ongkos pembuatan yakni Rp 100 ribu per mayam (3,3 gram).

Dampak menurunnya harga jual perhiasan emas tersebut, kata Rusdi, menyebabkan masyarakat membeli emas sebagai sarana investasi ditengah pandemi.

Baca juga:

Selain itu, kata dia, meningkatnya daya beli masyarakat Aceh terhadap kebutuhan perhiasan emas juga digunakan untuk kebutuhan seperti mahar pernikahan, bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Sementara untuk kadar emas 24 kadar 87 persen, kata Rusdi, saat ini dijual dengan harga Rp2,55 juta per mayam. Sebelumnya, harga jual emas kadar 87 persen tersebut dijual sekitar Rp2,62 juta per mayam.

“Kalau untuk emas kadar 70 persen saat ini dijual sekitar Rp650 ribu per gramnya, itu belum termasuk ongkos,” katanya. []

Berita terkait
Polisi Amankan Alat Berat Tambang Ilegal di Aceh Barat
Polda Aceh menemukan lokasi penambangan yang diduga tidak mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Aceh Barat.
Penyebab Pesta Perkawinan di Aceh Timur Dibubarkan
Pesta perkawinan di Desa Keude Dua, Kecamatan Darul Ihsan, Kabupaten Aceh Timur dibubarkan karena tidak mengikuti protokol kesehatan.
Kerangka Manusia Dibalut Mukena Gegerkan Warga Aceh Timur
Warga Desa Ulee Blang, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Aceh digegerkan dengan penemuan kerangka manusia yang dibalut dengan kain mukena.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.