UNTUK INDONESIA
Harga Emas di Abdya Aceh Naik Jelang Idul Adha
Sejumlah pedagang emas di Kabupaten Abdya, Aceh mengungkapkan warga lebih banyak menjual emas dibandingkan membeli jelang Idul Adha.
Pengelola Toko Emas Baru Zulkifli di Jalan Perdaganggan pusat Kota Blangpidie, Aceh Barat Daya saat sedang menunggu pembeli, Senin, 27 Juli 2020. (Foto: Tagar/Syamsurizal).

Aceh Barat Daya - Harga jual emas murni di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh diprediksi bakal tembus diangka Rp 3 juta per mayamnya. Untuk harga emas saat ini mengalami kenaikan Rp 100 ribu per mayam.

Saat ini, toko emas di Abdya menjual emas diangka Rp 2.950.000 per mayam untuk emas murni dan Rp 2.780.000 per mayam untuk harga emas London atau dibeli Rp 885.000 per gram. 

Harga emas hari ini naik dari beberapa hari sebelumnya, naiknya sekira Rp 100 ribu.

Mayam merupakan takaran emas yang berlaku di masyarakat Aceh. Jika dikonversikan dengan gram maka satu Mayam diperkirakan bernilai sekitar 3,33 gram.

"Harga emas hari ini naik dari beberapa hari sebelumnya, naiknya sekira Rp 100 ribu," kata Zulkifli, pengelola Toko Emas Baru di Jalan Perdaganggan pusat Kota Blangpidie, Senin, 27 Juli 2020 di Aceh Barat Daya.

Baca juga:

Zulkifli mengatakan untuk harga emas murni dijual warga senilai Rp 2.850.000 kalau kondisi emasnya bagus tidak lecet dan sebaginya. Sementara harga untuk emas London yang dijual warga dibeli dengan Rp 2.700.000 juga tergantung kondisi emas.

"Kita beli tergantung kondisi emasnya, kalau bagus tentu harganya bagus pula," ujarnya.

Menurutnya, harga emas sangat kecil kemungkinan turun harga atau berada di kisaran Rp 2.500.000 per mayam seperti saat badai Covid-19 belum melanda dunia bahkan Aceh. Dia memprediksi harga emas akan terus melambung bahkan mencapai Rp 3.000.000 per mayam.

"Kalau turun harga sangat kecil, yang ada semakin naik bahkan bisa mencapai 3 juta per mayam nanti," ujarnya.

Sementara untuk kondisi proses jual beli emas di pusat Kota Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya saat ini lebih cenderung kepada warga menjual perhiasan emas mereka. Hal ini dinilai wajar terlebih menjelang hari lebaran.

"Karena keadaan sehingga banyak yang menjual saat ini," ucapnya. []

Berita terkait
Hiu Tutul Terjerat Pukat Nelayan Abdya Aceh
Nelayan Pasie Geuntheng, Abdya, Aceh, menemukan seekor hiu tutul sepanjang 3 meter di pukat saat menangkap udang. Hiu tutul terjerat pukat dilepas.
Pengendara Nakal Kena Tilang di Abdya Aceh
Polisi lalu lintas menilang sejumlah pengendara nakal di Aceh Barat Daya, Aceh.
Warga Abdya Positif Covid-19, Sekolah Diliburkan
Pemerintah Abdya, Aceh kembali meniadakan belajar mengajar tatap muka di sekolah selama 14 hari ke depan.
0
Rp 1 Triliun Digelontorkan Pemprov DKI Jakarta Atasi Banjir
Untuk membiayai berbagai proyek penanggulangan banjir di Ibu Kota selama tahun 2020, Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana sekitar Rp 1 triliun.