UNTUK INDONESIA
Penyebab Penjualan Emas di Aceh Barat Menurun
Jelang Idul Adha, terjadi kenaikan harga emas di Aceh Barat. Kenaikan kisaran Rp 200 ribu per mayam dan menyebabkan penjualan turun.
Desain dan kemasan emas Antam lama (kiri) baru (kanan). (Foto: Instagram/@antamlogammulia)

Aceh Barat – Menjelang hari raya Idul Adha, harga jual emas di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengalami kenaikan dari harga biasanya. Kenaikan harga emas bisa mencapai Rp 200 ribu per mayam.

Pedagang Toko Emas Bintang Surya, Rido mengatakan naiknya harga emas di kota Meulaboh sudah terjadi sekitar seminggu, kenaikan terjadi sekitar Rp 200 ribu per mayam di setiap jenis emas seperti emas London, emas murni dan emas 24.

Kalau di toko saya untuk pembeli sementara ini belum lagi atau enggak seberapa meskipun mau hari raya, tapi kalau toko lain saya enggak tahu juga.

“Kalau emas murni sekarang harganya per mayam Rp 2,9 juta kalau emas London Rp 2,8 juta, sedangkan emas 24 sekarang per mayamnya Rp 2,55 juta,” kata Rido saat ditemui di tokonya yang berada di Jalan Teuku Umar, Meulaboh, Senin, 27 Juli 2020.

Baca juga:

Masyarakat di Aceh kebanyakan membeli emas dalam bentuk mayam dibandingkan gram, yang mana satu mayam adalah takaran emas berlaku di masyarakat Aceh sama dengan 3,3 gram.

Dengan naiknya harga emas di tengah pandemi ini mengakibatkan minat masyarakat untuk membeli emas menurun, yang mana biasanya menjelang hari raya Idul Adha maupun hari raya Idul Fitri msyarakat banyak yang membeli emas untuk digunakan ketika hari raya, namun sekarang menurun drastis.

“Kalau di toko saya untuk pembeli sementara ini belum lagi atau enggak seberapa meskipun mau hari raya, tapi kalau toko lain saya enggak tahu juga,” kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa selama adanya pandemi Covid-19, harga emas khsusnya di kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, tidak stabil kadang naik dan juga kadang turun.

Saat ini masyarakat lebih banyak yang menjual emas dibandingkan masyarakat yang membeli emas, hal ini dikarenakan harga emas yang melambung tinggi dari harga biasanya mengakibatkan masyarakat lebih memilih menjual emas miliknya dari pada memeli emas. []

Berita terkait
Luka Bacok, Pria di Aceh Barat Ditemukan Tewas
Polsek Arongan Lambalek menduga sosok pria yang ditemukan tewas di lahan perkebunan sawit adalah korban pembunuhan karena ada luka sayatan.
Hewan Kurban di Aceh Barat Mulai Dicek Kesehatan
Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha.
Pembangunan Tanggul di Aceh Barat Sempat Ditunda
Pembangunan tanggul pemecah ombak di pantai Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh terhenti akibat cuaca buruk.
0
Penyebab Penjualan Emas di Aceh Barat Menurun
Jelang Idul Adha, terjadi kenaikan harga emas di Aceh Barat. Kenaikan kisaran Rp 200 ribu per mayam dan menyebabkan penjualan turun.