Efek Kebanyakan Minum Kopi dan Teh Bagi Ibu Hamil

Kebanyakan ibu hamil pasti belum mengetahui efek yang ditimbulkan akibat konsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Berikut penjelasannya.
Ilustrasi Hamil. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Jakarta - Kebanyakan ibu hamil (bumil) pasti belum mengetahui efek atau dampak yang ditimbulkan akibat mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Pada wanita hamil, mematabolisme kafein jauh lebih lambat dan dibutuhkan waktu hingga tiga kali lebih lama untuk menghilangkan kafein dari tubuhnya. 

"Kafein juga melewati plasenta dan tentunya bisa memasuki aliran darah janin dalam kandungan. Sehingga, hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan pada bayi," kata dr. Nabila Islamiyati melalui channel YouTube Halosehat, seperti yang dikutip Tagar, Selasa, 22 September 2020.

Kata dr. Nabila, wanita hamil memang masih bisa mengonsumsi minuman mengandung kafein asalkan sesuai dengan batasan. "Wanita hamil mengonsumsi kafein kurang dari 200 miligram (mg) setiap hari tidak meningkatkan masalah pada kandungan," ucap dia. 

Namun ini tentu berbeda dengan bumil yang mengonsumsi minuman berkafein lebih dari 200 mg setiap harinya, hal tersebut dapat membahayakan janin dalam kandungan, yaitu dapat meningkatkan risiko keguguran dan melahirkan bayi yang prematur.  

"Selain itu mengonsumsi kafein juga dapat menimbulkan dampak negatif lainnya seperti meningkatkan tekanan darah, detak jantung menjadi lebih cepat, meningkatkan rasa cemas, pusing, gelisah, sakit perut hingga diare," ujar dr. Nabila. 

Dokter Nabila mengingatkan kepada bumil untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan dengan cara memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.   

"Anda sebaiknya tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karena meskipun memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, kafein juga memiliki beberapa dampak negatif bagi tubuh," tutur dr. Nabila. []

Baca juga:

Berita terkait
Amankah Ibu Hamil Makan Nanas? Ini Kata Ahli
Informasi yang beredar mengenai ibu hamil (bumil) dilarang makan nanas nyatanya tidak benar. Bumil diperbolehkan makan nanas asal tidak berlebihan.
Cara Mengatasi Permasalahan Kulit Saat Hamil
Seiring berjalannya waktu, bumil pasti mengalami banyak perubahan dari bentuk tubuh hingga kulit. Berikut cara mengatasi masalah kulit saat hamil.
Efek Positif Vs Negatif Minum Teh Setiap Hari
Teh salah satu minuman yang sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Apa sudah mengetahui efek positif dan negatifnya?
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.