UNTUK INDONESIA
Ditinggal Sejumlah Pemain, Ini Target PSM Makassar di Liga 1
PSM Makassar ditinggalkan beberapa pemain menjelang digulirkannya Liga 1 karena dipinjamkan ke klub lain. Namun PSM optimistis mampu bersaing.
PSM Makassar ditinggalkan beberapa pemain menjelang digulirkannya Liga 1 karena dipinjamkan ke klub lain. Namun PSM optimistis tetap mampu bersaing di kompetisi. Tampak pemain PSM menjalani latihan. (Foto: PSM makassar)

Makassar - PSM Makassar ditinggalkan beberapa pilar penting menjelang digulirkannya Liga 1, awal Oktober 2020. Mereka rencananya dipinjamkan ke klub Liga 2. Meski demikian, PSM tetap mematok target tinggi di kompetisi yang musim ini tanpa degradasi.

Striker Ferdinand Sinaga menjadi pemain pertama yang meninggalkan PSM setelah dipinjamkan klub Liga 2, PSMS Medan. Pemain lain yang turut pergi, yakni Dedi Gusmawan. Dirinya sudah mencapai kesepakatan dengan Sulut United.

Sementara itu, pemain yang digadang-gadang pergi, yakni Abdul Rahman, Leo Guntara, dan Firza Andika. Namun, status mereka masih dalam proses negoisasi dengan klub-klub Liga 2.

Kami optimistis bisa meraih hasil baik di laga pertama. Yang penting bila ada kemauan dan tekad yang kuat untuk PSM

Meski ditinggalkan beberapa pemain, tim kebanggaan masyarakat Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini tetap yakin bisa bersaing di kompetisi Liga 1. Hanya PSM tetap tidak muluk-muluk menentukan target musim ini.

"Kalau berbicara target tentu kami tetap serius di Liga 1. Kami bahkan berharap meraih hasil lebih baik dari sebelumnya," ujar Media Officer (MO) PSM, Sulaiman Abdul Karim, Kamis, 24 September 2020.

Musim lalu, PSM hanya mampu bertahan di papan tengah. Mereka selalu kehilangan poin di laga tandang karena tak pernah meraih kemenangan. 

Menurut Sule, sapaannya, PSM tak berharap rekor buruk itu terulang. Mereka pun mengawalinya dengan bagus setelah bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Persita Tangerang. Ini yang menjadikan mereka optimistis PSM mampu memperbaiki posisi musim ini. 

PSM sendiri saat ini baru menjalani latihan. Tim memang terlambat melakukan persiapan karena kompetisi tinggal 15 hari lagi dimulai. Pelatih kepala Bojan Hodak pun belum muncul sehingga latihan para penggawa Juku Eja dipimpin asisten Herrie Setyawan.

PSM Optimistis Mampu Bersaing di Liga 

Sementara itu, kapten Zulkifli Syukur tetap yakin PSM mampu bersaing dengan tim-tim lain meski baru menjalani latihan. Kepergian sejumlah pemain yang dipinjamkan ke klub Liga 2 pun tak akan mengurangi kekuatan juara Piala Indonesia 2019 ini. 

Di laga pertama melawan tim promosi Persiraja Banda Aceh di Yogyakarta, pemain Juku Eja yakin bisa mendapatkan 3 poin. Menurut dia tim sudah siap saat menghadapi Persiraja, 4 Oktober 2020. Persiraja yang bertindak sebagai tuan rumah akan menjamu PSM di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

"Kami optimistis bisa meraih hasil baik di laga pertama. Yang penting bila ada kemauan dan tekad yang kuat untuk PSM," kata Zulkifli.

PSM sesungguhnya mengawali kompetisi dengan hasil cukup bagus. Mereka mampu meraih 5 poin sehingga bertengger di peringkat 6 sebelum liga dihentikan karena pandemi Covid-19. 

Baca juga:

Tak Ada Degradasi di Liga 1, Pemain PSM Tak Santai

Pemain PSM Makassar Tak Sabar Latihan Bareng Tim

Mereka tak terkalahkan selama 3 pertandingan pertama. Setelah menang 2-1 atas PSS Sleman, tim bermain imbang melawan Persita Tangerang dan Barito Putera.

Namun Persiraja juga tak bisa dianggap remeh. Mereka juga sekali menang dan 2 kali bermain imbang. Bahkan Persiraja mampu menahan Bhayangkara FC dan Madura United. []

Berita terkait
Latihan PSM Makassar, Tepis Keraguan Suporter Hadapi Liga 1
PSM Makassar menggelar latihan perdana meski pemain tak komplet. Setidaknya ini menepis keraguan suporter mengenai kesiapan tim menghadapi Liga 1.
PSM Makassar Mulai Latihan Sebelum Pindah ke Yogyakarta
PSM Makassar akhirnya memulai latihan setelah libur selama beberapa bulan. Tim akan latihan selama satu pekan sebelum pindah ke Yogyakarta.
Latihan Perdana PSM Tertutup untuk Umum
PSM Makassar akan memulai latihan perdana untuk mengarungi lanjutan liga 1. Ini jadwalnya
0
Cuti Bersama, Protokol Kesehatan di Bukittinggi Makin Ketat
Kota Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat akan berlakukan protokol kesehatan ketat di objek wisata.