UNTUK INDONESIA
Tak Ada Degradasi di Liga 1, Pemain PSM Tak Santai
Tidak ada degradasi di Liga 1 tak membuat PSM Makassar santai di kompetisi. Pemain memastikan tetap fight memenangkan setiap pertandingan.
Pemain PSM Makassar Zulkifli Syukur (kiri) dijatuhkan pemain Lalenok United Yohanes pada play-off kedua Piala AFC di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu 29 Januari 2020. PSM menang 3-1 di laga itu dan lolos ke babak utama Piala AFC. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Makassar - Tak ada degradasi di Liga 1 bisa berpengaruh pada pemain karena mereka tak lagi ngotot di pertandingan. Namun itu tidak berlaku bagi PSM Makassar. Tidak ada degradasi, pemain tetap tidak santai. 

PSSI memastikan tak ada degradasi di kompetisi Liga 1 2020. Sedangkan tim promosi dari Liga 2 hanya 2 tim, yaitu yang berlaga di final. Sebelumnya, jatah promosi untuk 3 tim. Namun karena kompetisi bergulir di masa pandemi Covid-19, maka PSSI mengeluarkan regulasi terkait promosi dan tidak adanya degradasi.

Hilangnya regulasi degradasi musim ini tentu memberikan pengaruh pada penampilan setiap peserta. Baisa jadi pemain cenderung bermain santai. Namun bagi pemain PSM tak ada istilah bermain santai. Mereka akan tetap menampilkan permainan terbaik untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bila musim ini tidak ada degradasi, lalu bukan berarti kami bermain santai. Pemain tetap akan fight

Pemain senior PSM, Zulkifli Syukur menuturkan para penggawa Juku Eja akan tetap berusaha tampil apik dan serius dalam setiap laga. Menurut dia pemain tak mempersoalkan tidak degradasi

"Kami berusaha fight di setiap pertandingan. Bila musim ini tidak ada degradasi, lalu bukan berarti kami bermain santai. Pemain tetap akan fight," kata  Zulkifli Syukur di Makassar, Senin, 14 September 2020.

Musim Ini, Peluang Pemain Muda PSM

Mantan pemain tim nasional ini juga mendorong semua pemain muda, terutama yang ada di PSM, untuk menunjukkan performa terbaik. Menurut dia ini saat yang tepat bagi pemain muda untuk memperlihatkan permainan terbaik. Dengan demikian mereka bisa mendapatkan tempat utama di musim 2021.

"Pemain bisa bermain dengan enjoy terutama pemain muda. Mereka bisa mengembangkan talentanya. Permainan mereka memang dipersiapkan untuk musim depan," kata pemain bernomor punggung 3 ini menambahkan.

PSM sendiri fokus pada kompetisi domestik yakni Liga 1 Indonesia. Pasukan Juku Eja batal tampil di Piala AFC 2020 karena Asian Football Confederation (AFC) resmi membatalkan turnamen kedua tertinggi bagi klub Asia tersebut.

Baca juga:

Pemain PSM Makassar Senang Piala AFC Batal Digelar

Ini Hasil Swab Test 13 Pemain PSM Makassar

Keputusan merupakan kabar sedih bagi peserta klub Piala AFC 2020. Akan tetapi ini adalah langkah terbaik AFC agar menghentikan penyebaran Covid-19.

"Komite Eksekutif AFC juga sepakat bahwa pandemi menciptakan kerumitan yang merupakan peristiwa Force Majeure dan, dengan sedih, menyebabkan pembatalan kompetisi ini di 2020," tulis AFC dalam keterangan resminya. []

Berita terkait
Tak Jelas, Nasib PSM Makassar di AFC Cup Musim 2021
Piala AFC 2020 batal dilanjutkan karena pandemi Covid-19. PSM Makassar belum bisa pastikan mereka tetap berlaga di Piala AFC 2021 atau tidak.
Pemain PSM Makassar Tak Sabar Latihan Bareng Tim
PSM Makassar belum memulai latihan meski kompetisi Liga 1 tinggal beberapa pekan lagi. Para pemain pun tak sabar ingin segera berlatih kembali.
AFC Cup Dihentikan, PSM Makassar Fokus di Liga 1
Akibat pandemi Covid-19, Federasi sepak bola Asia, AFC mengumumkan menghentikan AFC Cup musim 2020.
0
Bukan Corona, Ternyata Nyamuk Pembunuh Nomor 1 Dunia
Pakar IPB, Prof Upik Kesumawati Hadi menyebut masyarakat harus mewaspadai nyamuk, karena merupakan pembunuh nomor satu di dunia.